0
226

Goyang Motor saat Isi Bensin Adakah Manfaatnya?

Menggoyangkan kendaraan saat mengisi bensin kerap jadi kebiasaan sebagian orang. Banyak orang percaya, menggoyangkan kendaraan saat mengisi bensin untuk mengosongkan udara dalam tangki.

Selain itu, banyak juga pengendara motor yang percaya menggoyangkan motor saat isi bensin akan mengisi sudut-sudut tangki yang sulit terjangkau serta membersihkan kerak dalam tangki.

Tapi, apakah benar menggoyangkan motor saat isi bahan bakar benar ada manfaatnya?

Nah, kebiasaan menggoyangkan motor saat mengisi bensin ini rupanya sudah lama terjadi. Berawal dari para pengendara motor dua tak dengan bahan bakar oli campur.

Biasanya pengendara motor dua tak mencampurkan oli campur untuk BBM sepeda motor dua taknya saat akan mengisi BBM di pompa bensin lalu menggoyang-goyangkan sepeda motornya dengan memakai logika mengaduk minuman agar fluida oli campur yang kental dapat teraduk merata dengan BBM yang diisikan lewat nozzle dari stasiun pengisian BBM.

Tetapi menurut pakar otomotif, cara tersebut tidak aman. Pengendara juga disarankan untuk turun dari motor saat mengisi bensin untuk mengurangi risiko kontak langsung antara pengendara dan percikan api yang mungkin terjadi.

Lebih lanjut, pakar otomotif juga menjelaskan bahwa mengisi bahan bakar kendaraan baik mobil maupun motor sambil digoyang-goyangkan tidak memberikan manfaat sama sekali. Hal ini hanya berasal dari mitos atau kepercayaan yang tidak benar.

Bahan bakar yang diisikan ke dalam tangki sepeda motor akan terdistribusi secara merata dengan sendirinya saat tekanan semburan BBM dari nozzle pompa bensin memasuki ruang tangki BBM. Oleh karena itu, pengendara tidak perlu menggoyangkan kendaraan.