Dok. Foto: Motorcycleshippers.com
0
251

Kirim Motor Luar Kota, Pilih Jasa Towing atau Ekspedisi?

Bagi pemilik motor yang ingin mengirim motornya ke luar kota bisa menggunakan beberapa jasa pengiriman yang kini tersedia. Banyak orang yang lebih memilih jasa ekspedisi karena lebih banyak tersedia.

Padahal, selain ekspedisi bisa juga mengirim motor dengan towing. Mengirim motor dengan towing ini memang cukup berbeda dengan pengiriman secara ekspedisi.

Bagi yang belum mengetahui, towing adalah jasa pengiriman kendaraan dari satu tempat atau lokasi ke tempat tujuan dengan cara menaikkannya ke truk towing. Pemindahan kendaraan tersebut dilakukan dengan menggendong atau mengangkat motor tersebut ke atas kendaraan.

Sementara mengirim motor menggunakan jasa ekspedisi bisa menggunakan berbagai kendaraan seperti kereta api, truk, dan yang lainnya.

Sebenarnya mengirim motor menggunakan towing memang lebih terjamin keamanannya. Lecet pada motor atau kerusakan akan lebih bisa diminimalkan bahkan bisa tak terjadi. Motor juga dijamin tetap bersih saat akan digunakan di kota tujuan.

Tetapi, jasa menggunakan towing ini memang lebih mahal dibandingkan dengan ekspedisi. Sehingga tak semua orang mau menggunakan jasa towing meski motor dijamin aman.

Sementara, pengiriman dengan ekspedisi memang membuat motor rawan mengalami lecet atau jadi kotor saat sampai tempat tujuan. Tetapi dari segi harga mengirim motor menggunakan ekspedisi memang lebih terjangkau.

Untuk itu, biasanya jasa towing banyak digunakan untuk mengirim motor baru atau untuk orang-orang yang melakukan touring dan pulangnya ingin menggunakan kendaraan lain.

Karena harga terjangkau, banyak orang lebih memilih menggunakan ekspedisi. Nah, agar motor tetap aman dan tak rusak sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Di antaranya yakni, memastikan motor dipacking dengan benar, melumasi bagian-bagian penting, pastikan memeriksa motor saat akan diantar dan ketika sampai, dan motor harus dalam keadaan off.