Dok. Foto: Bintang Motor
0
220

Mengenal Idling Stop System Pada Motor

Idling Stop System (ISS) adalah salah satu fitur sepeda motor yang awalnya diterapkan oleh produsen Honda. Fitur ini berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis ketika tidak digunakan, misalnya saat berhenti di lampu merah atau saat macet.

Fungsi utama dari ISS adalah untuk menghemat bahan bakar sepeda motor saat mesin tak digunakan. Pasalnya, saat di lampu merah, bahan bakar bisa menjadi boros karena energi yang dihasilkan dari ruang bakar mesin terbuang sia-sia. Bukan cuma itu, kondisi ini membuat emisi gas buang dari knalpot kendaraan semakin tinggi.

ISS bekerja saat motor berhenti di lampu merah atau terjebak di kemacetan, dalam waktu tiga detik mesin akan otomatis mati. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar pun bisa lebih ditekan.

Selain itu, ISS juga bisa mengurangi polusi udara terutama di area perkotaan yang kerap terjebak kemacetan. Tentu saja ini apabila semakin banyak pengendara yang mengenakan motor dengan fitur ISS.

ISS kini bukan hanya ada di motor Honda tetapi sudah juga diterapkan oleh produsen lain dengan nama berbeda. Yamaha misalnya, menggunakan fitur Stop & Start System (SSS) yang memiliki cara kerja hampir sama dengan ISS. Bukan hanya itu, fitur ini juga sudah diadopsi ke beberapa mobil seperti Suzuki Ertiga Hybrid, Daihatsu Terios dan lainnya.

Dikutip dari astra-honda.com, untuk mengaktifkan fitur ISS caranya cukup mudah. Pengendara cukup tekan tombol ISS yang ada di stang sebelah kanan ke posisi Idling (tekan bagian bawah). Saat tombol berada di posisi Idling, lampu indikator pada panel meter akan menyala.

Ketika motor dijalankan maka sensor akan memerintahkan Engine Control Module (ECM) untuk mengaktifkan fitur ISS.

Kemudian, ketika mesin dimatikan oleh ISS, lampu indikator akan berkedip menandakan bahwa Idling Stop System sedang aktif atau digunakan. Untuk menyalakan mesin, pengendara cukup memutar tuas gas layaknya sepeda motor yang akan bergerak dari posisi diam.

Saat tuas gas diputar maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi sinyal ke ECM untuk memerintahkan alternator menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter. Mesin pun akan menyala kembali.

Ketika tombol ISS berada di posisi Stop (tekan tombol bagian atas) maka fitur Idling Stop System tidak bekerja.

Pada motor Honda, ada beberapa syarat agar ISS ini bekerja. Yaitu:

1. Menekan tombol Idling Stop pada posisi “Idling Stop”
2. Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100
3. Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius
4. Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam
5. Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh

Untuk motor yang dilengkapi dengan fitur ini jangan lupa untuk selalu melakukan servis berkala agar motor selalu dalam kondisi prima. Apabila ada masalah pada ISS juga agar bisa lebih cepat diketahui.