Dok. Foto: Moladin.com
0
186

Ternyata Beda, Ini Perbedaan Mesin NMAX Lama dan Baru

Yamaha NMAX hingga kini masih jadi salah satu motor gambot idola di pasaran. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 2019 dan langsung menyita perhatian.

Yamaha NMax yang terbaru cukup berbeda dengan versi pertamanya. Perbedaannya cukup menyeluruh, bukan hanya di fitur dan penampilannya, tetapi juga di mesin atau dapur pacunya.

Yang paling tampak berbeda memang pada desainnya. Di mana, desain NMAX terbaru lebih trendi dan nyaman dengan adanya penyesuaian jok motor.

Soal mesin, tetap sama menggunakan BlueCore 155cc dan VVA. Perbedaannya terletak pada bagian klepnya, di mana pada NMAX seri terbaru menggunakan ukuran 20,5 mm sementara sebelumnya menggunakan klep ukuran 19,5 mm.

Selain itu, perbedaan juga terletak pada area piston, Nmax teranyar menggunakan piston baru.

“Piston All New NMAX menggunakan piston R15, yang pakai VVA. Dengan berbagai ubahan itu, All New NMAX mengalami kenaikan kompresi 11.6:1 dari 10.5:1. Ini yang menyebabkan tenaga NMAX baru makin besar,” jelas Ridwan Arifin, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ukuran boks filter NMAX terbaru juga lebih besar yakni 4,3 liter sementara untuk yang lama yakni 3,7 liter. Sehingga tenaganya pun lebih besar karena udara yang masuk ke ruang bakar pun juga jadi lebih besar.

Perubahan pada mesin ini pun menjadikan Yamaha NMAX terbaru mampu menghasilkan tenaga lebih besar yakni 11,3 kW yang sebelumnya 11,1 Nm. Torsinya yang sebelumnya 14,4 Nm yang 13,9.

Perbedaan ini membuat NMAX terbaru diklaim lebih nyaman, akselerasi lebih merata sehingga lebih smooth saat dikendarai, tenaganya juga jadi lebih besar.