Dok. Foto: Autosmartretail.com.au
0
179

Mengenal Lap Kanebo dan Microfiber

Sepeda motor akan lebih rawan kotor saat musim penghujan. Bukan hanya debu dan lumpur, air hujan juga mengancam kendaraan dari karat.

Untuk itu, penting untuk segera membersihkan kendaraan setelah terkena hujan. Salah satu bagian yang penting adalah mengelapnya setelah dicuci. Proses pengeringan ini harus dilakukan secara sempurna agar tak muncul bercak air atau water spot, jamur, dan karat.

Untuk proses pengeringan ini, ada dua jenis kain yang populer digunakan yakni lap kanebo dan lap microfiber. Sebelum memilih diantara keduanya lebih baik mengenal keduanya terlebih dahulu.

1. Lap Kanebo

Nama asli dari lap kanebo adalah chamois. Jenis ini merupakan lap sintetis yang terbuat dari spons Polyvinyl Alcohol atau PVA. Keunggulan dari lap kanebo ini adalah mampu menyerap air dalam jumlah besar. Lap kanebo juga dikenal awet sehingga bisa lama digunakan.

Catatan yang perlu dipahami sebelum menggunakan kanebo adalah soal kelembapannya. Kanebo yang mengering akan mengeras, jadi sebelum digunakan harus membasahinya terlebih dahulu.

2. Lap Microfiber

Sementara untuk lap microfiber adalah lap yang dibuat menggunakan bahan berserat kecil, bahkan lebih kecil dari sutra, dan memiliki tekstur halus. Lap ini terbuat dari campuran beberapa bahan tekstil sintetis seperti nilon, polyester, rayon, dan prolen.

Kelebihan kain ini adalah dapat menyerap kotoran yang ada di permukaan dan akan hilang setelah dicuci. Permukaannya yang halus membuatnya aman digunakan pada bodi motor karena tak meninggalkan goresan.

Umumnya saat digunakan untuk mengeringkan setelah dicuci diperlukan beberapa kain microfiber,

Tips pemakaian lap microfiber adalah jangan gunakan lap yang digunakan untuk kendaraan untuk keperluan lain.

Untuk perbedaan kedua lap ini terletak pada cara penggunaannya. Lap microfiber digunakan dalam kondisi kering sementara lap kanebo digunakan dalam keadaan lembap ataupun basah.

Perbedaan lainnya yakni, untuk mengeringkan lap kanebo bisa sekali peras. Sementara butuh waktu cukup lama untuk mengeringkan lap microfiber.

Di sisi lain, lap microfiber jauh lebih tipis dari lap kanebo sehingga bisa lebih menjangkau titik-titik sulit pada sepeda motor saat mencucinya.

Untuk itu, baiknya menggunakan dua kain ini saat mengeringkan sepeda motor sehingga bisa saling melengkapi.