Dok. Foto: Sabangrayamotor.com
0
78

Tips Rawat Rem ABS pada Sepeda Motor

Kebanyakan motor keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi pengereman Anti-Lock Braking System atau ABS. Rem ABS adalah sistem pengereman dengan sistem hidrolik (disc brake) dengan penambahan teknologi agar sistem pengeremannya jadi lebih aman.

Cara kerja rem ABS adalah dengan mendeteksi sensor pada roda depan dan belakang. Apabila terjadi pengurangan kecepatan tiba-tiba karena mengerem secara mendadak, maka otomatis sistem ABS akan mengurangi tekanan pada sistem rem sehingga dapat mencegah risiko roda terkunci. Pengendara pun akan lebih bisa menjaga keseimbangan sepeda motor sehingga kendaraan lebih bisa dikendalikan.

Berikut ini beberapa tips untuk merawat rem ABS:

1. Cek Kondisi Minyak Rem

Minyak rem merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengereman ABS. Untuk itu, pengendara penting untuk memastikan volume minyak rem pada tangki reservoir sesuai standar. Penggantian minyak rem ini setiap sepeda motor bisa berbeda, tetapi di rentang waktu satu sampai dua tahun.

2. Perhatikan Kanvas Rem

Kanvas rem berfungsi menjepit piringan cakram (dengan bantuan kaliper) saat tuas rem ditekan pengendara ketika mengurangi kecepatan. Karena fungsinya sangat penting maka kondisi kanvas rem ini perlu selalu dicek.

Bersihkan secara berkala kanvas rem agar kotoran dan minyak yang menempel di permukaan kanvas hilang. Apabila kanvas rem aus pun harus segera diganti.

3. Cek Bagian Selang Rem

Selang rem berfungsi untuk menghubungkan tuas rem dengan kaliper. Bagian ini harus dipastikan dalam kondisi baik agar sistem pengereman tak terganggu.

4. Cek Lampu Indikator

Saat lampu kontak dalam posisi ON, perhatikan bagian lampu indikator ABS. Apabila saat motor berjalan lampu indikator berkedip tandanya ada masalah pada sistem pengereman ABS dan harus segera diperiksa. Bawa motor ke bengkel terdekat untuk menemukan solusinya.

5. Bersihkan Bagian Kaliper dan Cakram Rem

Meski dua bagian ini jarang mengalami kerusakan, tetapi juga penting untuk mendapat perawatan. Caranya dengan dibersihkan secara berkala. Pastikan kaliper dan cakram bersih dari debu, minyak, tanah, dan kotoran lain yang mudah menempel.

Itu dia beberapa tips merawat rem ABS pada sepeda motor. Apabila ada masalah, segera hubungi teknisi agar keamanan berkendara selalu terjamin.