Miguel Oliveira (Dok. Foto: Motorsport.com)
0
137

3 Nama Calon Pengganti Marquez, Ada Pemenang MotoGP Mandalika

Pembalap ternama Marc Marquez sudah dipastikan meninggalkan Honda setelah usainya MotoGP 2023. Marquez meninggalkan Honda sebelum kontrak selesai, tetapi ini sudah menjadi keputusan bersama keduanya.

Honda dikabarkan belum memutuskan siapa pengganti Marquez. Pabrikan asal Jepang itu sampai sekarang tampaknya masih pusing untuk menentukan pembalap mana yang akan masuk skuatnya.

Ada tiga nama pembalap muda yang santer digadang-gadang bakal jadi pengganti pembalap asal Spanyol tersebut. Mereka adalah: Pedro Acosta, Iker Lecuona, dan Fabio Di Giannantonio.

Sayangnya, Honda harus bekerja keras untuk menggaet salah satu dari ketiganya. Pasalnya, ketiganya bakal sulit untuk menjadi pengganti Marquez.

Untuk Acosta, KTM sudah memastikan tak akan melepas pembalapnya tersebut. KTM memiliki klausul kontrak untuk mempertahankan Acosta. Untuk balapan di GasGas pada MotoGP 2024, Acosta juga sudah dipersiapkan bakal berduet dengan Pol Espargaro.

Untuk Iker Lecuona, peluang Honda untuk menggaetnya cukup kecil. Pasalnya, pembalap Honda di Superbike tersebut disebut bakal bergabung dengan LCR Honda untuk mesim depan.

Begitu juga dengan Fabio Di Giannantonio yang sulit bergabung dengan Honda karena prestasinya bersama Gresini di MotoGP 2023.

Kalau tiga pembalap berikut ini termasuk lebih berpotensi menggantikan Marc Marquez:

Pertama, Miguel Oliveira. Pembalap RNF Aprilia ini dilaporkan media jadi salah satu pembalap terakhir yang dihubungi oleh Honda. Meski masih punya kontrak dengan Aprilia hingga 2024, bukan berarti Oliveira tak akan meninggalkan tim balap asal Malaysia tersebut.

Oliveira sendiri memiliki prestasi cukup ampuh di MotoGP dengan lima kemenangan. Sebelumnya, Oliveira merupakan pembalap yang memperkuat KTM untuk musim 2021 dan 2022.

Kedua, Maverick Vinales. Kalau pembalap yang satu ini kabarnya memang sudah jadi incaran Honda sejak lama. Bahkan dari sebelum hengkangnya Marc Marquez.

Vinales punya pengalaman lebih banyak dari Oliveira. Pembalap yang masih terikat kontrak dengan Aprilia hingga 2024 ini punya pengalaman tiga kali jadi pembalap di tim pabrikan MotoGP yakni Suzuki, Yamaha, dan Aprilia.

Ketiga, Johann Zarco. Kemungkinan Zarco untuk bergabung dengan Honda juga cukup besar. Pasalnya, Zarco sudah lebih berpengalaman dengan Honda. Ia pernah memperkuat LCR di musim 2019. Zarco juga bisa dibilang paling berpengalaman di MotoGP jika dibandingkan dua nama lainnya.

Wah, menarik ya, kira-kira siapa ya yang bakal menggantikan Marc Marquez?