0
1014

Airbag Baru Dari Honda

GILAMOTOR.com. Saat ini Honda Goldwing masih satu-satunya motor yang hadir dengan fitur keselamatan layaknya mobil, yakni dilengkapi dengan fitur kantung udara atau airbag.

Dan kini Honda kembali mengembangkan sebuah sistem kantung udara baru untuk motor dengan jangkauan jenis yang lebih luas.

Jika pada Goldwing kantung udara mengembang dari tangki, namun kantung udara baru ini akan mengembang dari depan panel instrument. Seperti dikatakan dalam laman Visordown, air bag ini didesain untuk menghindari terjadinya benturan pengendara pada obyek di depan akibat tabrakan.

Kantung udara baru ini juga didesain lebih tinggi dari kantung udara yang ada pada Goldwing, agar perlindungan pada pengendara jauh lebih baik.

Dalam laman tersebut dijelaskan, pengendara motor Honda selain Goldwing memiliki kencendrungan terpental dari posisinya karena pusat gravitasi motor yang lebih tinggi. Selain itu, posisi duduk yang sedikit condong ke depan juga menjadi faktor mudah terpentalnya pengendara saat terjadi tabarakan.

Dalam sebuah pengajuan hak paten baru untuk kantung udara ini, terungkap bahwa fitur kantung udara berbentuk segi tiga ini akan ditanam pada motor CB1300.

Selain itu, dalam laman tersebut juga dijelaskan bahwa kantung udara itu juga dilengkapi dengan sebuah sistem yang dapat memiringkan kantung udara sesuai sudut kemudi saat terjadi benturan. Sistem ini dirancang untuk memberi perlindungan lebih maksimal kepada pengendara karena arah berkembangnya akan mengikuti arah terpentalnya pengendara.

Penulis/Foto : Jay/Visordown                                                              Sumber : Visordown