Photo: Logos Technologies
0
3285

Awas, Militer Amerika Siapkan Motor Perang Tanpa Suara

GILAMOTOR.com – Persaingan negara-negara adidaya dalam mengembangkan mesin tempur terbilang pesat. Nggak hanya pesawat, kapal laut atau kendaraan lapis baja saja, motor pun bisa dikembangkan sebagai mesin perang. Salah satunya SilentHawk ini.

Yup, motor yang dikembangkan oleh Logos Technologies (LT) dan Alta Motors (AM) ini dirancang untuk taktik penyerbuan jarak jauh secara tersembunyi oleh sekumpulan kecil tentara. Sehingga untuk menembus pertahanan musuh, diperlukan kendaraan yang mampu bergerak cepat dan senyap bro en sis.

Untuk itu, SilentHawk yang mengambil basis motorcross listrik RedShift MX buatan AM ini dirombak menjadi motor hybrid dengan bantuan teknologi dari LT.

Hebatnya, untuk menunjang kemampuan SilentHawk di segala medan, motor ini ditanam sistem all wheel drive. Bagaimana menggerakan roda depannya? Rahasianya ada di motor listrik yang tertanam di as roda depan. Sementara gerak belakangnya masih mengandalkan mesin bensin.

Wade Pulliam, Manager of Advanced Concepts LT mengatakan, “Motor ini sangat senyap, mampu menjelajah lebih jauh dan ringan. Sehingga sanggup mengawal operasi tempur di kondisi ekstrim sekalipun,” ungkapnya.

Dengan hasil pengembangan ini, dua perusahaan tersebut mendapat penghargaan dari US Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA) dan direncanakan akan masuk ke produksi massal.