Dok. Foto: Rediff.com
0
228

Bahaya dari Ban Motor Botak yang Dipakai Terus

Ban adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor yang sangat berpengaruh pada keamanan berkendara. Pasalnya, ban berhubungan langsung di aspal sehingga saat terjadi masalah pada ban bisa memicu potensi kecelakaan.

Untuk itu, penting sekali memastikan kondisi ban baik sehingga keamanan dan kenyamanan berkendara terjamin. Sayangnya banyak pengendara lalai tetap memaksa menggunakan ban dalam kondisi tak layak, salah satunya adalah ban dalam kondisi botak.

Berikut ini beberapa bahaya menggunakan ban botak pada sepeda motor:

1. Ban Cepat Panas

Saat motor melaju, terjadi gesekan antara ban dan permukaan jalan atau aspal. Gesekan ini menyebabkan panas pada ban. Panas berlebihan pada ban bisa menyebabkan ban meledak.

Saat ban sudah botak, ban akan semakin mudah panas, apalagi jika permukaan jalan juga panas. Hal ini sangat berbahaya karena motor akan terjatuh jika ban sampai meledak.

2. Tergelincir Pada Permukaan Jalan Basah

Ban yang botak juga sangat berbahaya jika digunakan di permukaan jalan yang basah. Kembangan ban yang sudah tak ada membuat ban kehilangan kemampuan untuk tetap kokoh berjalan pada permukaan jalan basah sehingga akan menyebabkan ban tergelincir.

Di musim hujan seperti saat ini, tentu sangat berbahaya membiarkan ban motor tetap botak. Segera ganti ban dengan ban yang baru agar aman digunakan.

3. Motor Lebih Lama Berhenti Saat Direm

Ban yang sudah botak akan kehilangan gripnya pada aspal sehingga membutuhkan waktu lama untuk berhenti saat rem ditekan. Hal ini akan semakin parah pada kondisi jalanan yang basah.

Motor akan berpotensi menabrak kendaraan di depannya karena jarak berhenti yang cukup panjang. Ban yang botak pun akan berisiko menyebabkan kecelakaan beruntun jika sudah demikian.

4. Lebih Cepat Kempes

Ban yang sudah botak akan lebih rentan rusak, seperti kehilangan tekanan udara dalam waktu cepat. Tentu sangat merepotkan karena harus lebih sering menambah tekanan udara pada ban.

Selain itu, ban yang sudah botak juga akan semakin lebih sering bocor dibandingkan dengan ban dalam kondisi bagus.

Itu dia beberapa risiko yang mengintai ban botak. Jangan disepelekan karena membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.