Dok. Foto: Wired.com
0
243

Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet dan Panjang Umur

Komponen paling penting pada motor listrik bisa dibilang adalah baterainya. Pasalnya, jika ada masalah pada baterai maka bisa membuat motor jadi mogok.

Selain itu, harga baterai motor listrik juga terbilang mahal sehingga perlu dirawat dengan baik agar usia pemakaiannya bisa panjang. Nah, berikut ini ada beberapa tips agar performa baterai terjaga sehingga memiliki usia pemakaian yang panjang:

1. Isi baterai secara berkala

Baterai motor listrik baiknya diisi dua atau tiga hari sekali. Meski jarang digunakan, baterai motor listrik disarankan untuk tetap diisi agar kinerjanya selalu terjaga.

2. Jangan isi ulang baterai di bawah 20 persen

Baterai disarankan diisi ulang dalam posisi 25 sampai 80 persen. Untuk itu, jangan menunggu baterai di posisi 20 persen baru diisi ulang karena dapat merusak komponen dan mengacaukan kinerja baterai.

3. Tunggu baterai dingin saat akan isi daya

Saat baterai dalam kondisi panas setelah pemakaian, baiknya tunggu hingga dingin saat akan mengisi daya. Pasalnya, panas berlebihan pada baterai bisa menyebabkan komponen di dalamnya rusak.

4. Gunakan komponen original

Gunakan charger dan kabel yang orisinal agar tak merusak baterai. Charger dan kabel yang tidak original bisa menyebabkan panas berlebih dan merusak komponen baterai.

5. Isi baterai secukupnya

Jangan membiarkan baterai terus dalam posisi charging padahal baterainya sudah penuh karena bisa menyebabkan kerusakan juga. Baiknya mengisi daya baterai sampai posisi 90-95 persen saja.

Itu dia beberapa tips untuk merawat baterai motor listrik agar awet dan performa terjaga. Selain itu, baiknya juga selalu memilih tempat parkir yang teduh dan hindari sengatan matahari langsung agar baterai tetap awet.