Dok. Foto: Motorcycle.com
0
246

Tips Pilih Helm Buat Touring Agar Nyaman di Perjalanan

Bagi pecinta sepeda motor yang senang touring ke berbagai daerah penting untuk memilih helm yang tepat. Helm yang baik bukan hanya aman sesuai standar berkendara tetapi juga nyaman.

Untuk memilih helm touring yang aman dan nyaman, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Harus Standar SNI

Memilih helm touring yang pertama harus dipastikan adalah adalah minimal berstandar nasional dengan tanda memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). Helm yang sudah memiliki standar ini berarti produksinya mengutamakan keamanan pengendara.

Untuk pembelian helm impor, pastikan helm sudah memiliki label DOT (Department of Transportation) atau SNELL (Snell Memorial Foundation), yang merupakan standar produk berkendara untuk pasar Amerika Serikat.

2. Pilih Helm Sesuai Kebutuhan

Ada dua helm yang bisa digunakan untuk touring yakni half face dan full face. Half face ini biasa digunakan untuk touring jarak dekat seperti hanya di dalam kota. Sementara helm full face bisa digunakan untuk touring jarak jauh, antar pulau misalnya.

Half face digunakan saat touring santai atau tak membutuhkan kecepatan tinggi. Sementara jika touring dengan kecepatan tinggi diwajibkan menggunakan helm full face yang lebih aman.

3. Pilih Helm Dengan Ukuran Pas

Masalah ukuran ini sangat penting karena berkaitan dengan kenyamanan selama berkendara. Helm kekecilan akan membuat kepala menjadi pusing sehingga berkendara jadi tak konsentrasi. Sementara helm yang kebesaran cenderung tak aman digunakan.

Untuk itu, baiknya memastikan memilih helm dengan ukuran yang pas. Lebih baik membeli helm secara offline agar bisa dicoba sebelum memutuskan membeli. Beberapa ukuran helm yang beredar di pasaran sendiri seperti S, M, L hingga XL.

4. Pilih Helm Dengan Visor Yang Tepat

Visor atau kaca pelindung pada helm sangat penting keberadaannya. Untuk itu, pastikan menggunakan visor yang tepat agar perjalanan touring aman terkendali.

Saat touring sebaiknya menggunakan helm yang memiliki visi ganda yakni gelap dan terang. Visor gelap bisa digunakan di siang hari yang terik, sementara visor terang bisa digunakan untuk malam hari.

Itu dia beberapa tips memilih helm untuk touring. Pastikan aman dan nyaman ya.