Dok. Gila Motor (Latanza/Yefta)
0
722

Federico Caricasulo Menjuarai Race 2 WSSP Mandalika 2023

Pertarungan sengit terjadi dalam Kejuaraan Dunia FIM Supersport pada Mandalika Indonesian Round di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, di mana Federico Caricasulo (Althea Racing Team) berhasil meraih kemenangan pertamanya di musim 2023.

Dalam balapan sepanjang 18 lap, Caricasulo memimpin peringkat 1-2-3 untuk Italia, mencatatkan kemenangan pertamanya sejak Portimao pada 2019 dan mengakhiri empat tahun menunggu kemenangan di WorldSSP.

Dok. Gila Motor (Latanza/Yefta)

Di awal balapan, Can Oncu (Kawasaki Puccetti Racing) dan Nicolo Bulega (Aruba.it Racing WorldSSP Team) bertarung untuk posisi terdepan dengan bintang asal Turki itu mengambil alih posisi Bulega pada Tikungan 1 di Lap 3. Oncu mencoba untuk memimpin di depan, namun ia tidak pernah lebih dari satu detik di depan para pesaing di belakangnya. Pada Lap 13, Stefano Manzi (Ten Kate Racing Yamaha) melewati Oncu di Tikungan 10 untuk memimpin balapan.

Manzi memimpin sampai lap terakhir, namun Caricasulo, yang juga berhasil mengalahkan

Oncu dan Bulega di sekitar pertengahan balapan, berhasil melintasi kompatriotnya di Tikungan 10 untuk memimpin balapan. Caricasulo berhasil mempertahankan posisinya dan meraih kemenangan pertamanya dalam 68 balapan WorldSSP, dengan mencatatkan kemenangan ketujuhnya di WorldSSP dan naik podium ke-29. Ducati berhasil meraih kemenangan ketiganya di musim 2023, menyamai musim terbaik mereka dalam hal kemenangan, yaitu pada tahun 2000. Manzi berhasil finis di tempat kedua untuk podium WorldSSP ketujuhnya, sedangkan Bulega berhasil bangkit dari posisi terbelakang untuk kembali naik podium.

Dok. Gila Motor (Latanza/Yefta)

Oncu finis di tempat keempat setelah memimpin di paruh pertama balapan, dengan selisih lebih dari 1,5 detik dari posisi podium di akhir balapan, sementara ia juga terpaut tiga detik dari rookie Marcel Schroetter (MV Agusta Reparto Corse) di tempat kelima. Schroetter memiliki pertarungan awal balapan dengan Niki Tuuli (Dynavolt Triumph), dengan Tuuli berhasil finis di tempat keenam pada akhir balapan, sehingga lima pabrikan berhasil masuk ke dalam enam besar pada Race 2.

WorldSSP akan kembali dengan Pirelli Dutch Round yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 23 April di Sirkuit TT Assen.