Dok. Foto: Webbikeworld.com
0
133

Honda Patenkan Desain Inner Winglet untuk CBR Fireblade

Pabrikan Honda telah resmi merilis motor sport kelas atas yakni CBR1000RR-R Fireblade SP model tahun 2024. Motor ini hadir dengan berbagai perubahan.

CBR1000RR-R Fireblade SP hadir dengan dilengkapi inovasi dari RC213V, motor balap Honda yang digunakan dalam ajang MotoGP.

Menariknya, motor ini juga menggunakan fitur aerodinamika berupa winglet baru bergaya hoop yang terinspirasi dari MotoGP.

Motor sport ini tampil full fairing dan dibekali dengan mesin inline 4 silinder 999cc, DOHC, dengan pendingin cairan yang telah disesuaikan untuk akselerasi yang lebih baik. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 215 HP pada putaran 14.500 rpm dan torsi 113 NM pada 12.500 rpm.

CBR1000RR SP juga dibekali dengan beragam teknologi yang menunjang performanya. Di antaranya sistem Throttle By Wire, Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan level tiga penyetelan, suspensi 43 mm dari Ohlins Smart ELectronic Control (SE-C3.0).

Untuk suspensi belakangnya yakni TTX36 yang memiliki penyetelan dari Ohlins Object Based Tuning (OBTi). Kerennya, motor ini juga ditambahi dengan mode race baru yang mampu mematikan fitur ABS di roda belakang.

Untuk sistem pengeremannya menggunakan Brembo Stylema R di depan. Sementara bagian belakang menggunakan sepasang piringan cakram (double-disc) dan rem cakram dengan kaliper dari Brembo.

Di bagian rangka alumunium telah disempurnakan dengan desain swing arm yang juga terinspirasi dari RC213V.

Pada sistem keamanannya, CBR1000RR SP menggunakan ABS dengan level penyetelan, sistem Intelligent Key Honda dan ESS (Emergency Stop Signal) untuk memberi kode pada pengendara lain saat mengerem mendadak.

Untuk varian warna yang ditawarkan pada CBR1000RR SP yakni Grand Prix Red dan Matte Pearl Marion Black.