Dok.Foto: Louis.eu
0
508

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Oli Motor Berubah Warna

Mengganti oli secara berkala adalah salah satu langkah wajib yang harus dilakukan oleh pengguna sepeda motor. Pasalnya, mengganti oli secara berkala akan membuat mesin motor lebih awet dan nyaman digunakan. 

Pada motor dengan bahan bakar bensin, oli memang menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga performa mesin. 

Namun, ada permasalahan yang kerap ditemui oleh pemilik kendaraan bermotor. Yakni menemukan ketika oli berubah warna menjadi merah gelap setelah habis pemakaian.  

Nah, rupanya salah satu faktor yang mengubah warna oli menjadi merah gelap adalah karena penggunaan bensin dengan oktan yang tinggi. 

Warna oli yang normal setelah habis pemakaian sendiri adalah hijau-hitam. Sementara warna merah hitam akan terjadi jika penggunaan bensin dengan oktan terlalu tinggi. 

Permasalahan seperti ini banyak ditemui pada motor-motor dengan cc rendah, seperti 125cc ke bawah. 

Penggunaan bensin dengan oktan terlalu tinggi pada motor-motor seperti ini akan membuat oli berubah warna menjadi merah hitam. 

Contoh motor yang biasa menghadapi masalah seperti ini adalah motor beat dan scoopy. Biasanya ada pengguna yang memaksa menggunakan bensin Pertamax Turbo, dan meyakini bisa lebih optimal sekaligus membersihkan kerak-kerak pada piston. 

Padahal itu adalah pemikiran yang salah. Untuk motor dengan cc seperti ini lebih baik menggunakan bahan bakar seperti Pertamax agar lebih aman. 

Dengan bensin oktan tinggi, motor dengan cc rendah justru akan mengalami overheating. Sehingga proses pembakarannya tidak sempurna. Hal inilah yang menyebabkan oli berubah warna menjadi merah-hitam. 

Faktor lain yang bisa menyebabkan oli motor berubah warna juga mesin overheat yang disebabkan karena kopling motor yang tidak pas. Selain itu, bisa juga karena adanya ruang antara gap piston dan boring yang terlalu sempit atau longgar.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk memasang oil cooler atau OBS (Oil Breathing System) atau biasa disebut selang hawa pada mesin motor. Biasanya dijual bebas di pasaran dan cukup  mudah ditemukan. 

Pemilik motor disarankan juga untuk tidak lupa mengganti filter oli yang sudah gosong ata buruk. Fungsinya agar bisa menyaring oli lebih optimal.