Dok. Foto: Topgear.com.ph
0
1811

Lihat Google Maps saat Naik Motor, Berbahaya?

Peta digital atau yang terkenal dengan sebutan Google Maps sangat membantu untuk menunjukkan jalan ke sebuah tujuan. Hingga kini, banyak pengendara motor bergantung pada maps saat berkendara ke sebuah alamat.

Sayangnya, penggunaan maps ini sering bikin pengendara tak fokus ke jalan tapi lebih sering melihat ke maps. Beberapa kejadian membahayakan seperti pemotor masuk ke tol pun sering terjadi karena pengendara tak fokus ke jalan dan tak sadar telah masuk ke tol.

Pasalnya, maps sering menunjukkan jalan tercepat atau alternatif menuju sebuah alamat. Jika tidak waspada, jalan tersebut bisa saja malah membahayakan.

Berikut beberapa tips aman gunakan maps saat di jalan:

1. Pelajari Rute Lebih Dulu

Pelajari rute yang ditunjukkan oleh maps sebelum memulai perjalanan. Pastikan memilih jalan yang aman dan nyaman. Pilih rute sepeda motor agar jalan yang ditampilkan maps sesuai dan bisa dilewati oleh motor.

2. Aktifkan Suara Maps

Mengaktifkan suara maps bisa memandu pengendara tanpa pengendara harus melihat ke ponsel. Pengendara tetap harus melihat ke arah depan saat berkendara agar bisa lebih waspada.

3. Menepi Saat Kebingungan

Saat di jalan, pengendara mungkin merasa bingung dengan rute yang dituju. Daripada melihat ponsel sambil motor berjalan, baiknya menepi memilih tempat yang aman. Setelah menepi, baru pelajari rute kembali.

4. Hafalkan Jalan Utama

Untuk menghafal semua jalan yang ditampilkan maps mungkin akan sedikit sulit. Untuk itu, baiknya hanya menghafal jalan-jalan utama agar lebih mudah.

Itu dia beberapa tips berkendara aman dengan maps. Pastikan selalu fokus di jalan agar aman ya.