Dok. Foto: instagram.com/fto.works
0
336

Mengenang Honda Astrea Grand, Motor Jadul yang Masih Banyak Dicari

Salah satu motor lawas yang masih eksis hingga kini adalah Honda Astrea Grand. Motor ini sebenarnya belum terlalu jadul, tapi tampilannya cukup legendaris.

Awal kemunculan Astrea Grand, motor ini memang cukup melejit. Honda merilis Astrea Grand pertama kali pada tahun 1991. Motor ini langsung mendapat julukan ‘motor sejuta umat’ karena laris manis di pasaran karena cukup bandel, murah, dan irit.

Di kalangan motor bebek, Astrea Grand memang menempati posisi sendiri di hati pecintanya. Meski demikian, tahun 2000an, bisa dibilang banyak anak muda menganggap naik motor ini tak keren. Namun, belakangan, anak-anak muda justru gandrung lagi dengan motor ini hingga banyak dicari dan membuat harganya meningkat.

Dari awal pertama dirilis, penjualan Astrea Grand meningkat pada 1994 setelah Honda memberikan beberapa inovasi. Di antaranya menambah spoiler duck tail di bagian belakang dan tampilan baru pada stop-lamp.

Soal spesifikasinya, motor bebek ini dibekali mesin 1 silinder SOHC berkubikasi 85,88cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 7,3 Tk dan torsi yang mencapai 7,55 Nm.

Mesin Astrea Grand juga didukung dengan karburator Keihin 16 mm. Motor ini memiliki 4 tahap percepatan dengan transmisi manual.

Sementara pada sektor kaki-kaki, Honda menggunakan suspensi teleskopik di bagian depan dan dipadukan dengan ban berukuran 2,25 R17. Sementara untuk bagian belakang menggunakan dual-suspension yang menahan getaran dari ban 2.50 R17.

Salah satu keunggulan dari Astrea Grand adalah sangat irit. Bahkan, motor ini disebut bau bensin pun bisa jalan.

Untuk penggunaan bahan bakarnya ada yang menyebut Honda Astra Grand bisa mendapatkan 60,2 km/liter. Sementara, ada juga sumber lain yang menyebut penggunaan BBM Astrea Grand yakni 55 km/liter.

Saking iritnya motor ini, untuk dua liter bensin bisa menempuh jarak Jakarta-Bandung lho. Tak heran kalau Astrea Grand sangat laris manis di pasaran. Sayangnya, produksi Astrea Grand dihentikan pada 1998 karena krisis moneter dan digantikan oleh Honda Supra.

Selain irit, Honda Astrea Grand juga terkenal karena kenyamanannya. Kenyamanan ini bisa dilihat dari joknya yang tebal sehingga membuat pengendara betah. Selain itu, posisi pijakan kaki pengendara dan penumpang juga proporsional, sehingga kaki tak gampang lelah.

Shockbreaker Honda Astrea Grand juga empuk, cocok untuk pengendara yang sudah berumur.

Tetapi, motor ini juga memiliki beberapa kekurangan. Seperti rangkanya yang gampang keropos. Bagian yang sering keropos yakni sambungan pipa dan plat. Bagian ini bukan cuma keropos tetapi bisa patah.

Selain itu, jika ingin membeli Honda Astrea Grand baiknya juga diperiksa dengan baik bagian knalpotnya bocor atau tidak. Motor ini kini memang banyak dicari, pastikan memilih yang kondisinya masih baik jika ingin membelinya ya biar tak mengeluarkan banyak biaya untuk perawatannya.