0
895

MotoGP Inggris : Stoner Puncaki Klasemen

GILAMOTOR.com, Inggris. – Casey Stoner kembali menunjukkan kekuatannya di MotoGP Silverstone, Inggris, Minggu (12/6). Pebalap asal Australia ini berhasil meraih kemenangan ke empatnya dari enam seri yang telah dilalui dan berhasil merebut posisi pertama di klasemen sementara MotoGP 2011.

Dengan hasil ini, Stoner berhasil mengkoleksi nilai 116 poin.

Tak hanya Stoner, rekan satu timnya Andrea Dovizioso pun berhasil menyelesaikan balapan di lintasan basah dengan merebut posisi ke dua. Selain itu, Dovizioso pun berhasil menempati posisi ke tiga klasemen sementara MotoGP 2011 dengan nilai 83 poin.

Di awal balapan, Stoner mendapat perlawanan dari pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo yang sempat memimpin jalannya balapan. Tak hanya Lorenzo, rekan satu timnya Andrea Dovizioso pun sempat memberi perlawanan di awal-awal balapan. Namun kondisi ini tak berlangsung lama. Setelah memasuki putaran ke empat, dengan pasti Stoner merebut posisi terdepan dan terus melesat hingga balapan usai tanpa ada perlawanan dari pebalap lain.

Dalam balapan di lintasan basah sirkuit Silverstone, Stoner melesat dan makin tak terbendung.

Seri Silverstone menyajikan balapan penuh drama. Pebalap-pebalap yang diunggulkan satu persatu terjatuh dan meninggalkan lintasan tanpa hasil.

Ben Spies yang sedang bersemangat untuk kembali meraih hasil bagus setelah meraih podium pertamanya di Catalunya pekan lalu, harus pasrah meninggalkan lintasan pada 12 putaran menjelang usai.

Tak lama berselang, Lorenzo pun harus menelan pil pahit karena harus menerima kenyataan dirinya tak meraih poin sama sekali saat terpelanting dari motornya dan meninggalkan lintasan.

Selang beberapa putaran setelah jatuhnya Lorenzo, pebalap San Carlo Honda Gresini yang tampil memukau selama akhir pekan ini, juga harus kehilangan kesempatan meraih poin karena terjatuh. Simoncelli yang tampil begitu antusias untuk merebut posisi ke dua yang ditempati Andrea Dovizioso, juga mengalami nasib sial. Memasuki tikungan pertama, ban depan pebalap berjuluk Super Sic ini kehilangan traksi, wal hasil dia terjatuh dan tak bisa menyelesaikan balapan itu.

Dengan demikian, Stoner dan Dovizioso melesat kencang tanpa ada perlawanan dari pebalap lain.

Di sisi lain, kesabaran dan ketenangan pebalap tim satelit Yamaha Tech 3, Colin Edward, membuahkan hasil manis. Jatuhnya para pebalap yang berada di barisan depan dengan sendirinya memberi keuntungan bagi dirinya hingga dia berhasil finish di posisi tiga. Dan ini merupakan kali pertama bagi dirinya berdiri di atas podium selama musim balap 2011.

Posisi ke empat ditempati pebalap Ducati Marlboro, Nicky Hayden dan di susul oleh pebalap Rizla Suzuki, Alvaro Bautista. Sementara itu, Valentino Rossi yang masih kesulitan mencari setingan terbaik pada Ducati GP 11, berhasil finish di posisi ke enam. Dan di posisi ke tujuh ditempati Karel Abraham dari tim CZE Cardion AB Motoracing.

Hasil Balapan MotoGP Silverstone

1. Casey Stoner  AUS Repsol Honda Team  47m 53.459s
2. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 48m 8.618s
3. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 48m 14.939s
4. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 48m 20.443s
5. Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP 48m 29.028s
6. Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro Team 48m 57.985s
7. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing 49m 26.109s
8. Toni Elias ESP LCR Honda MotoGP 49m 45.397s
9. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 49m 45.809s
10. Loris Capirossi ITA Pramac Racing Team 49m 56.771s
11. Hector Barbera ESP Mapfre Aspar Team 48m 10.582s
12. Randy de Puniet FRA Pramac Racing Team 48m 13.094s

Tak Finish:
Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini
Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing
Ben Spies USA Yamaha Factory Racing

Penulis : @jayadi72  /  Foto : MotoGP