1
976

Mudik Bareng ATPM Lebih Aman

GilaMotor, JAKARTA.- Musim mudik lebaran 2010 memang masih beberapa minggu lagi, namun demikian, masyarakat tentunya sudah mempersiapkan rencana mudik agar bisa merayakan lebaran ini di kampung halaman bersama keluarga tercinta.

Begitu juga dengan para produsen motor atau ATPM. Mereka telah mempersiapkan segala keperluan untuk pelaksanaan mudik bareng tahun 2010 ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana para pemudik dilepas secara bersamaan menempuh perjalanan dengan pengawalan polisi, tahun ini para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) justeru membatasi pemudik dengan penggunaan motor.

Seperti halnya yang dilakukan PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Pada musim mudik 2010 ini, YMKI menyediakan bus, truk dan kereta api bagi para pengguna motor Yamaha. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kecelakaan mudik lebaran pengguna motor. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mengurangin kepadatan jalur mudik oleh pengguna motor.

“Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah agar mudik tidak menggunakan motor untuk mengurangi kecelakaan dan kepadatan jalan raya,” papar Paulus S. Firmanto, GM Promotion & Motor Sport Division YMKI di sela-sela peluncuran Yamaha Byson di RollingStone Cafe Jakarta (20/8).

Mudik bareng ini akan dilakukan tiga sesi. Sesi pertama pada 5 September dimana pemudik akan melakukan perjalanan dengan motor dan bus. Bus disediakan bagi keluarga pengguna motor agar pengendara dapat berkendara dengan leluasa dan tidak melebihi kapasitas. Para pemudik dengan motor juga difasilitasi segala perlengkapan berkendara sesuai dengan standar keselamatan.

Sementara sesi kedua pada 6 September 2010. Yamaha siap mengangkut 1.000 motor dengan jumlah pemudik 2.000 orang. Ya, Yamaha menyediakan truk untuk mengangkut motor pemudik dan mengantarkan pemudik dengan bus ke kampung halamannya.

dengan 2 jalur, 600 sepeda motor tujuan jalur utara pulau Jawa dan 400 sepeda motor jalur selatan pulau Jawa. Semua sepeda motor akan diangkut truk dan para pemudik bisa nyaman dan aman sampai kota tujuannya dengan menggunakan bus.

Sementara sesi ketiga, pemudik akan diangkut menggunakan kereta api. Keberangkatan pertama, motor pemudik akan diangkut dengan kereta barang dan sehari setelahnya pemudik akang diantarkan dengan kereta penumpang.

Untuk musim mudik kali ini, YMKI hanya mengenakan biaya sebesar Rp 35 ribu per motor. Pendaftaran sudah dapat dilakukan di Yamaha Flaghship Shop Jl. Lenjend Suprapto No.4o2 Cempaka Putih, Jakarta Pusat dengan No. Telp (021) 4215888.

Begitu juga dengan PT. Astra Honda Motor (AHM) yang juga rutin menggelar mudik bareng untuk konsumennya. Tahun ini AHM juga menambah armada bus dan truk untuk mengangkut motor dan pemudiknya menuju kota tujuan mereka.

Penggunaan bus dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan pemudik dengan motor dan menghindari kapasitas angkut yang berlebih saat mudik menggunakan motor. Dan yang takalah penting adalah untuk mengurangi tingkat kecelakaan.

Sementara truk dihadirkan untuk mengangkut barang-barang bawaan para pemudik.

“Karena pada mudik kali ini, kami membatasi pengguna sepeda motor hanya untuk pengendara dewasa maksimal dua orang. Sehingga bila ada yang membawa anak kami arahkan untuk naik bus yang kami sediakan,” papar Istiyani Susriyati, Kepala Divisi Honda Customer Care Center PT AHM.

1 COMMENT