Dok. Foto: Autoevolution.com
0
345

Pentingnya Membilas Motor Seusai Terkena Hujan

Indonesia kini tengah memasuki musim hujan. Selama musim hujan ini, pengendara sepeda motor diharapkan lebih waspada.

Bukan hanya karena jalanan yang licin karena basah tetapi juga soal perawatan sepeda motor yang harus lebih ekstra hati-hati. Sepeda motor yang terkena air hujan sebaiknya harus segera dibilas dan dikeringkan.

Banyak orang menyepelekan air hujan dan tak langsung membilas motor setelah kehujanan. Padahal ada beberapa risiko yang mengintai motor yang habis terkena hujan.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Bintik Air Atau Waterspot

Air hujan yang menempel bisa meninggalkan bekas bintik air atau waterspot. Jika tidak segera dibilas, bintik air ini akan sulit dihilangkan dan akan meninggalkan bekas pada bodi motor.

Untuk itu, sebaiknya segera membilas motor setelah terkena hujan. Tak perlu mencucinya dengan sabun, cukup dibilas dengan air bersih. Kemudian keringkan dengan kanebo atau kain halus.

2. Jamur

Waterspot ini jika dibiarkan akhirnya akan menjadi jamur pada sepeda motor. Jika sudah demikian, akan semakin sulit dihilangkan. Perlu menggunakan wax jika sudah ada jamur pada bodi motor.

3. Karat

Salah satu yang berbahaya adalah karat pada motor yang bisa terbentuk karena oksidasi air hujan. Air hujan bersifat asam dan bisa sangat cepat memicu karat pada motor.

Motor yang sudah berkarat tentu saja akan menurun daya jualnya jika akan dijual kembali. Untuk itu, baiknya segera bilas motor setelah terkena hujan.

Itu dia beberapa risiko yang akan terjadi saat motor tak langsung dibilas setelah terkena hujan. Semoga bermanfaat ya!