Tips Merawat Modul ABS Motor, Kalau Rusak Mahal Perbaikannya
0
106

Tips Merawat Modul ABS Motor, Kalau Rusak Mahal Perbaikannya

Modul anti-lock braking system (ABS) motor itu harus dirawat agar tak rusak. Pasalnya, apabila rusak biaya perbaikannya cukup mahal hingga jutaan rupiah tergantung tingkat kerusakan dan jenis motornya. 

 

Untuk itu, bagi pemilik motor dengan fitur rem ABS baiknya memahami cara perawatan modul anti-lock braking system (ABS) daripada sampai harus rusak. 

 

Untuk perawatan modul ini sendiri cukup mudah. Perawatan modul ABS ini cukup penting agar pemakaian lebih awet dan berumur lebih panjang. 

 

Yang perlu dilakukan untuk merawat modul ABS adalah dengan mengganti minyak rem secara berkala. Pasalnya, sebagian besar kerusakan pada modul ini disebabkan karena minyak rem. 

 

Pada pengendara yang jarang mengganti minyak rem, perlu dipahami bahwa minyak rem yang lama tak diganti maka akan banyak mengandung air. Jika sudah demikian, akan menyebabkan modul ini menjadi cepat korosi hingga akhirnya rusak. 

 

Untuk itu, baiknya mengganti minyak rem setiap jarak tempuh 10 ribu hingga 12 ribu kilometer. 

 

Pastikan jangan sampai lupa mengganti minyak rem ya kalau mau modul ini lebih awet dan tahan lama. Selain itu, pastikan juga selalu melakukan servis motor secara berkala karena sangat penting untuk memastikan komponen motor bekerja dengan baik.