7
6066

Xeon : Tak Sekedar Ganti Jubah

JAKARTA.- Disela-sela peluncuran skuter matik Yamaha Xeon di X2 Plaza Senayan, Jakarta (30/4), Dyonisius Beti selaku Preseiden Direktur Yamaha Motor Kencana Indonesia mengatakan bahwa skuter ini tak sekedar ganti jubah seperti yang pernah dilakukan oleh Yamaha dan kompetitor sebelumnya. Dia mengatakan ini adalah generasi sekuter matik Yamaha yang benar-benar baru.

“Kalau sebelumnya bolehlah dikatakan hanya ganti kostum saja, sementara mesinnya masih mengaplikasi mesin yang lama, contohnya varian-varian Yamaha Mio. Begitu juga yang dilakukan kompetitor-kompetitor Yamaha, dan itu hal biasa di industri sepeda motor. Tapi untuk Xeon ini benar-benar baru, mulai dari kostum hingga mesinnya,” jelas Dyinisius.

Selain bicara masalah kostum dan mesin yang benar-benar baru, Dyinisius juga mengungkapkan bahwa Xeon ini adalah matik tercepat dikelasnya karena telah mengaplikasi teknologi balap seperti DiASil Cylinder yang kuat. Karena itulah Yamaha berani memberi garansi mesin Xeon ini hingga lima tahun.

“Aplikasi teknologi balap ini telah teruji jan benar-benar kuat. Dari hasil uji coba, kami tak menemukan cacat atau masalah sedikitpun pada silinder dan piston Yamaha Xeon, karena itu kami berani memberi garansi hingga lima tahun.”

Dengan mesin 125 cc yang tenaganya diklaim Yamaha naik hingga 20 persen dari generasi skuter matik sebelumnya, konsumsi bbm nya juga tak berbeda dari generasi skutik terdahulunya atau seri Mio. Mengenai hal ini Yamaha menjelaskan karena penggunaan material yang berkualitas tinggi hingga mengurangi friksi serta pengaplikasian teknologi baru.

Dengan bandrol harga Rp 15.500.000, Xeon hadir dengan lima pilihan warna, Biru, Putih, Hitam, Hijau dan Merah.

SPESIFIKASI YAMAHA XEON

Mesin : 4 Langkah 2 Katup SOHC, Berpendingin Cairan

Jumlah / Posisi Silinder : Silinder Tunggal / Mendatar

Volume Silinder : 124 cc

Diameter x Langkah : 52.4 x 57.9 mm

Perbandingan Kompresi : 10.9 : 1

Daya Maksimum : 8.05 kW @8500 rpm

Torsi Maksimum : 10.10 Nm @7000 rpm

Sistem Starter : Kick dan Elektrik Starter

Sistem Pelumasan : Basah

Kapasitas Oli Mesin : 0.9 Liter ( penggantian berkala : 0.8 liter )

Sistem Bahan Bakar : Karburator MIKUNI BS26 x 1

Tipe Kopling : Kering, Kopling Sentrifugal

Tipe Transmisi : V-belt Otomatis

Pola Pengoprasian Transmisi : CVT Otomatis

Sistem Pengapian : DC CDI

Baterai : YTZ5S (MF Battery)

Tipe Busi : CR7E

Rangka : Pipa Baja

Suspensi Depan : Teleskopik

Suspensi Belakang : Suspensi Tunggal

Ban Depan : 70/90-14M/C 38P

Ban Belakang : 90/80-14M/C 44P

Rem Depan : Cakram

Rem Belakang : Tromol

Kapasitas Tangki : 4.1 liter

Berat Isi : 103 kg

P x L x T : 1.850 x 685 x 1.050

7 COMMENTS

  1. Diundang Yamaha Dateng Ke Launcing XEON 125, Dan Melihat Langsung Wujud XEON 125 ini, Komen Saya “MANTAP” Tiga Jempol Buat YAMAHA…..

  2. I appreciate, lead to I found just what I was looking for. You have ended my 4 day lengthy hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye