23
2751

Pilih Mana, CB150R StreetFire atau V-Ixion Lightning Part II

GILAMOTOR.com. – Melanjutkan artikel “Pilih Mana, CB150R StreetFire atau V-Ixion Lightning Part I, Yamaha sepertinya tak mau terjebak permainan Honda untuk menawarkan produknya pada kalangan yang sama, yakni para speed freak. Yamaha justru menyasar para kaum eksekutif muda yang notabene mengendarai motor untuk membantu mempercepat pergerakan aktivitasnya dari satu titik ke titik lain, atau tak terlalu memusingkan masalah kecepatan puncak. Makanya Yamaha membawa para wartawan buat menikmati padatnya Kota Kembang Bandung dengan New V-Ixion Lightning pada hari Sabtu (15/12) lalu.

Kebayang kan gimana padatnya Bandung di akhir pekan.? Cakep dahhh pokoknya, kudu banyak sabarr…

Karakter mesin SOHC yang memang galak di putaran bawah, pas bener diajak membelah jalan perkotaan. Posisi duduk yang nggak terlalu beda dengan V-Ixion generasi sebelumnya, penambahan ukuran ban depan dan belakang, penggeseran titik berat sebesar 17 persen dan pengurangan bobot di daerah stang, bikin New V-Ixion enak diajak meliuk-liuk di antara antrian ankot dan mobil pribadi.

Penambahan ukuran ban yang bikin lari jadi lemot diakali Yamaha dengan penambahan beberapa sensor di mesin dan penggantian final gear dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Jadi tarikan bawahnya enggak tekor gara-gara bobot ban dan daya tahan ban ke aspal bertambah, nggak perlu nunggu rpm naik jauh, New V-Ixion udah ngacir. Meski ukuran ban bertambah, akselerasi V-Ixion tetap lincah. Jadi nikmat banget dipakai di karakter jalan stop and go, soalnya torsi gedenya mudah didapat di putaran bawah.

Selain itu, Yamaha juga mengatakan bahwa keunggulan lain V-Ixion Lightning adalah manuver dan cornering ability nya. Selain penggunaan ban lebih lebar, penambahan panjang rear arm sepanjang 18 mm, penggeseran titik berat ke depan sebesar 17 persen dan pengurangan bobot di stang dari 800 gram jadi 300 gram, bikin V-Ixion jadi lebih stabil. Sayangnya, Gilamotor cuma dapat sedikit kesempatan buat cornering, soalnya jalannya padat dan agak rusak, jadi enggak mungkin mereng-mereng.

“Kita bukan nggak bisa kencang, tapi baru kencang setelah lampu merah ehh sudah ketemu lampu merah lagi. Jadi top speed nya nyaris jarang terpakai,” kata M. Abidin GM Service Yamaha Indonesia.

Dari hasil tes kemarin, masalah handling dan akselerasi New V-Ixion emang enak. Kecepatan juga lumayan, di trek lurus dan kosong yang sangat langka ditemukan di Bandung, bisa sampe di atas 115 km/jam. Mungkin kalau yang bawa pembalap dan jalan lebih kosong bisa di atasnya lagi. Mungkin yaa..

Nah, sedikit komparasi sudah diberikan, sekarang tinggal pe mir sahh yang menentukan pilihan. Harga nyaris sama, CB150R menawarkan mesin DOHC dan V-Ixion SOHC yang keduanya jelas punya keunggulan. Masalah desain tergantung selera sih, ente lebih suka yang mana, yah monggo diboyong ke garasi rumah.

23 COMMENTS

  1. jangan lupa. diajarin juga cara ngerem dan pakai sein. jangan cuman bisa ngebut doank

    iklan kok cuman ngajari kencang… hahaha

  2. Sepertinya forum gilmot ini agak condong lebih memihak honda, yang di puji2 kayaknya honda, coba review masing2 kelebihan motor, jangan masalah speed dan sasaran marketnya aja, dri konsumsi bbm misalnya, oh iya, ane dapet info klo top speed yamaha nvl bisa sampe 140 km/h, trus klo di bawa jalan model perkotaaan bisa sampe 50 km/l pake premium (blog iwb), sedangkan cb150 street fire hanya bisa mentok 130 km/h dengan dibawa jalan model perkotaan hanya bisa 36 km/l pake pertamax(blog triatmono) ini cuma tambahan info aja, cmiiw ya, semoga bermangfaat dan kreksi klo ada yg salah, makasih

  3. mau pada kemana si ngebut” ?

    macet oi jalanan di indonesia..

    buat joey 120kpj gigi 3 bangga lw bro ???

    sini main” ke kemayoran bro hhe…tes sma hayabuza ane hhe..

  4. pada banyak omong soal yang paling kenceng…
    ntar bensin subsidi dicabut, pengen liat gw sama motor2 yang ngakunya paling kenceng..
    paling jg ujung2nya pada pake becak, mampus lo pada!!

  5. dasar oon. SOHC mna bisa ampe 140.. lagian tu motor cuma 150 cc SOHC pula, yang jelas2 di rilis buat jalanan perkotaan dan stop n go. YAMAHA R15 AJA TOPSPEED 125 KPJ.

    KALO DOHC tuh percaya gw, soalnya mesin DOHC buat Tarikan RPM atas yang menggila

  6. gue kmarn ngetes ama temen dijalan lurus lintas sumatra, vixion standart cuma mentok 130, itu uda mau muntah mesinnya haha. kalo satria bisa lebih, sedikit aja sih, gk tau deh kalo cb150r, blum nyobak

  7. hahaha vixion yang horse powernya cuma 15 DK bisa 140km perjam ngawur abis!

    Ninja L 150 yang Horse powernya 30 DK dalam kondisi standard cuma 140km perjam top speednya! itu bukan di speedometer ya tapi pakai GPS.

    vixion 140km itu paling di speedometer doank, kalau pakai GPS paling max 115km hahaha….

  8. goblok lu rico ninja rr mau di lawan pakai hayabusa 1300 cc, GOBLOK banget sih lu! yang ga imbang! anak kecil juga tau, kalau mau lawan hayabusa ya pakai kawasaki ninja ZX14R baru imbang!

    ngebacot asal aja lu rico GOBLOK!

  9. Permesinan menurut gw insinyur yamaha cerdas,dengan mesin Sohc tapi 4klep bobot lebih ringan dan kerja noken lebih ringan karena di bantu roler platuk klep,tarikan dan akselerasi lebih baik,karena secara kondisi sama2 4klep apalagi kalo ukuran klepnya sama.
    dan jangan di bandingin sama Sohc yg 2klep,selama ini orang hanya tahu Sohc 2klep..Sohc 4 klep bentuk mesin lebih kecil,jadi lebih ringan..dan Strook panjang lebih menguntungkan karena tenaga bawah besar,mau atas lebih besar tinggal bor up,lebih murah jatuhnya dari pada stroke up yg harus turun mesin semua.. tinggal besarkan piston mendekati CB150 yg 63,5 VIXI cukup pakai borup 62 TDR makin laju…

  10. Aku baru saja membeli motor Yamaha New Xion walau sebelumnya aku bingung pilih 2 motor antara CB 150, tapi setelah saya pertimbangkan Sasis, Mesin dan Modelnya maka aku pilih motor Yamaha New Xion 2013.

  11. di TARIK PAKE KERETA TUH nvl NYA BISA AMPE 140KM.. KORBAN BLOG HOAX LO.. LIAT DI YOUTUBE JNG BACA DOANG!!!

  12. enNyu Piksen sama SEBE150ER pilih mana Bro..?Pusing nih …
    1_enyu Piksen
    2_SeBe150er
    3_Kesatria EPyu Anyar
    4_Sebe’er150 Lawas
    5_NUnggu Ennyu Epyu Fi(Ya Owloh sabarkanlah hati Q)
    *6_Honda 75
    ….???