Photo: Suzuki
0
1309

Andreas Gunawan Berpeluang Rebut Gelar Juara Umum Suzuki Asian Challenge

GILAMOTOR.com – Podium pertama yang dipersembahkan Andreas Gunawan di seri 4 Suzuki Asian Challenge (SAC), Thailand membuatnya makin tangguh di puncak klasemen. Dengan begitu, Andreas berpeluang menjadi juara umum di balap Suzuki Satria FU150 se-Asia ini.

Sama dengan pebalap dari negara lain, tim Indonesia yang diwakili oleh Andreas Gunawan, Adhi Chandra dan Dedi Kurniawan menunjukkan semangatnya saat tampil di seri 4 SAC, Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand.

Andreas menjadi pebalap Indonesia yang paling diunggulkan. Hal ini terlihat ketika dirinya mendominasi jalannya latihan bebas hingga kualifikasi. Padahal, ini adalah kali pertamanya membalap di sana.

Race 1 SAC yang berlangsung Sabtu (29/8/2015), menjadi milik anak muda asal Lampung tersebut. Padahal, dirinya mengaku sirkuit Buriram cukup sulit ditaklukkan. Namun, teknik balapnya yang mumpuni mampu membuat Andreas memaksimalkan kemampuan sang kuda besi.
Andreas-Gunawan-SAC-2015-Buriram-Thailand-1
Meski sempat tertinggal, Andreas bisa menaklukkan para rival tangguh asal Thailand dan Jepang. “Sejak awal Start saya hanya berkeinginan untuk dapat Finish Pertama dengan tetap terus konsisten,” ucap Andreas.

Akan tetapi, Andreas tak bisa berbuat banyak di race 2. Pun demikian dengan Dedi saat keduanya terjatuh di sesi kedua. Beruntung, Adhi tak mengendurkan semangatnya untuk bisa merebut podium.

Adhi pun akhirnya bisa menuntaskan race SAC di podium ketiga. “Race ke 2 sangat berat bagi saya, semua lawan begitu ngotot bahkan cenderung tak terkontrol. Saya hanya bisa mencoba terus bertahan dan mencari peluang. Semangat saya muncul ketika melihat rekan saya Andreas dan Dedi yang terjatuh di balapan tadi. Tujuan saya hanya agar saya bisa naik podium, namun pembalap jepang itu begitu kompak,” jelasnya.

Walau gagal di paruh kedua, Andreas tetap kokoh sebagai pemuncak klasemen sementara SAC. Dengan 131 poin, Andreas masih unggul dari Takeru Murase (119 poin) dan Patis Chooprathet dengan 114 poin.

Sementara itu, peluang Adhi dan Dedi untuk merapatkan barisan tiga besar juga masih terbuka. Apalagi keduanya saat ini masing-masing berada di urutan 5 dan 6 di daftar klasemen.