0
1385

2010 : AHM Catat Penjualan Tertinggi

GILAMOTOR.com, Jakarta. — PT Astra Honda Motor (AHM), menyatakan telah mengakhiri tahun 2010 dengan membukukan angka penjualan tertinggi dalam sejarah industri sepeda motor nasional mencapai 3.416.049 unit.

Dalam keterangan pers yang dikeluarkan AHM hari ini, Kamis (6/1) menyatakan, angka ini tumbuh sekitar 26,5% dibanding tahun 2009 yang hanya mencapai 2.701.278 unit. Angka ini juga lebih tinggi dibanding pertumbuhan pasar motor nasional yang hanya 26%.

Pencapaian ini berhasil mempertahankan kepemimpinan AHM di pasar sepeda motor nasional dengan pangsa pasar 46,3%.

Penyumbang terbesar terhadap penjualan AHM adalah tipe motor bebek dengan total penjualan 1.694.706 unit. Rekor ini sekaligus ikut mengukuhkan predikat Honda sebagai raja motor bebek di Indonesia.

Honda Revo Series masih menjadi model terlaris sepanjang tahun lalu dengan total penjualan 904.205 unit. Angka ini termasuk penjualan motor bebek otomatik pertama di Indonesia yaitu Honda Revo AT. Sisanya disumbangkan oleh Honda Blade dan Honda Supra Series.

Bahkan, di segmen bebek 125 cc ke atas, Supra Series mendominasi dengan pangsa pasar 57% setelah tahun lalu terjual 634.126 unit.

Di segmen skutik, sepanjang tahun lalu juga mencatat kontribusi yang juga signifikan yaitu 1.551.383 unit. Bahkan tipe motor ini membukukan lonjakan pertumbuhan penjualan yang sangat fantastis, yaitu 80%. Pertumbuhan ini jauh melampaui pertumbuhan segmen skutik nasional yang hanya naik 52%.

Model skutik terlaris adalah Vario Series dengan total penjualan 722.856 unit yang diperkuat oleh Honda Vario Techno. Disusul oleh Honda BeAT dengan angka penjualan 699.609 unit.

Kiprah Honda di pasar skutik pada tahun 2010 yang cukup fenomenal, adalah saat mempelopori segmen skutik retro modern dengan merilis Honda Scoopy dan meluncurkan skutik premium Honda PCX. Keduanya mendapat sambutan hangat dari pecinta skutik Indonesia.

Hanya dalam kurun waktu tujuh bulan, angka penjualan Scoopy mencapai 114.040 unit. Sementara skuter premium Honda PCX mencapai 2.483 unit.

Di segmen sepeda motor sport, volume penjualan AHM juga sangat signifikan. Kehadiran Honda New MegaPro serta penambahan varian Honda Tiger dan perubahan striping Honda CS1, semakin memperkuat penetrasi AHM di segmen motor sport. Total penjualan Honda di segmen ini tercatat 169.960 unit.

“Tingginya pertumbuhan penjualan AHM di tahun 2010 ini menggambarkan adanya penerimaan yang semakin baik oleh masyarakat terhadap sepeda motor Honda. Apalagi hal ini terjadi disemua segmen,” ujar Auddie Alexander Wiranata, yang baru bergabung dengan AHM sebagai Direktur Pemasaran mulai Januari tahun 2011.

Sebelum bergabung dengan AHM, Auddie sempat menjabat sebagai Direktur Pelaksana PT Sanghiang Perkasa atau lebih dikenal dengan Kalbe Nutritionals sekitar empat tahun. Namun demikian, kehadirannya di Grup Astra bukanlah hal baru karena sebelumnya Auddie pernah berkarir di Astra selama 14 tahun. Dunia otomotif pun bagi Auddie juga bukan hal yang baru karena sebelumnya pernah memimpin PT Asuransi Astra Buana atau yang lebih dikenal dengan Garda Oto dengan menempati posisi terakhir sebagai wakil presiden direktur.

Penulis/Foto : Jay/Istimewa