2
791

Atasi Mesin Setelah Kebanjiran

Bagaimana cara mengembalikan kondisi motor yang terkena banjir ? Dalam kondisi demikian, jangan memaksakan motor untuk dihidupkan, karena kotoran atau endapan lumpur dapat masuk ke dalam mesin dan dapat menyebabkan keausan. Air yang masuk kedalam mesin akan memberikan pukulan keras pada mesin, atau biasa disebut water hammer.

Bayangkan mesin yang sedang bekerja tiba-tiba terkena air, dalam sekejap sifat licin plumas yang membantu melancarkan jalannya piston akan berubah seperti palu yang dipukulkan ke piston, bukan air nya yang menjadi keras, tapi gap atau sisi antara piston dan dinding piston sudah tidak licin karena ada air.

Jadi tindakan yang tepat adalah mesin harus dibuka, mulai dari crankcase, bak kopling, blok silinder dan kepala silinder, hingga karburator. Setelah itu, semua komponen direndam dalam bensin atau cairan penetran guna menghilangkan karat. Isi plumas mesin dengan yang baru sesuai rekomendasi pabrikan. Apabila Anda kurang berpengalaman, sebaiknya serahkan ke ahlinya.

Untuk sistem kelistrikan, buka semua peranti listrik sepeda motor Anda, seperti saklar, konektor kabel, spool, motor starter hingga fitting bohlam, bila tidak segera dibuka bisa berdampak korosi yang dapat menyebabkan korsleting.

Apabila semua piranti listrik sudah terbuka, keringkan dengan dijemur atau menggunakan kompresor, jangan lupa semprotkan cairan anti karat. Terakhir pasang kembali komponen mesin dan listrik, dan lakukan pengetesan.

Ngelock

Persoalan rem belakang mengunci sendiri (nge-lock) setelah terkena hujan atau lewat genangan air kerap kali muncul di saat musim hujan seperti sekarang. Apa penyebabnya?

Hal tersebut atas bisa disebabkan permukaan kanvas rem yang basah atau lembab. Nah, kondisi yang basah dan lembab ini akan menjadi lengket ketika menempel ke permukaan tromol. Cara mengatasinya adalah, setelah kena hujan, lewat genangan air/banjir ataupun setelah dicuci segeralah main-mainkan rem beberapa saat sambil motor berjalan untuk mengeringkan ruangan tromol dan juga permukaan kanvas rem.

#Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor.

2 COMMENTS