62
47941

Ground Strap Dari Kabel Antena, Aliran Listrik Ke Busi Makin Sempurna

GILAMOTOR.com – Bagi para pecinta balap, tentunya nggak asing dengan kabel busi yang dipakein ground strap. Umumnya, ground strep berbentuk lilitan kawat kabel di luar kabel busi. Fungsinya menangkap frekuensi liar.

Adanya alat ini, arus listrik ke busi diklaim jadi lebih fokus dan otomatis api jadi lebih stabil dan maksimal.

Yang jadi masalah, harga kabel busi yang sudah dilengkapi ground strap macam produk keluaran Nology dan Protech, harganya lumayan mahal, bro. Tapi bukan teknisi Indonesia kalau nggak bisa membuat hal serupa dengan cara berbeda.

Kabel Antena TV

Kata salah satu mekanik yang suka nanganin motor buat ‘Balian’, lo cukup siapin kabel antenna tv sepanjang 1 meter dan soket kuningan untuk menempelkan kabel ke rangka motor.

“Lo kupas karet pelindung kabel antenna tv itu, lalu ambil kawat serabutnya yang berwana silver dan ambil juga aluminiumnya yang melilit bagian luar kawat tembaga,” buka Karjono.

Kabel Antena TV Setelah dikupas

“Kabel beserta aluminium tersebut dibuat sebagai ground strap. Lalu, lilitkan kabel tersebut di luar kabel busi. Jangan lupa, ujung kabel pasangkan soket atau konektor buat nempelin kabel ke rangka,” kata Karjono lagi.

Setalah dipasang

Kalau sudah dililitkan, tinggal rapihkan lilitannya dengan menutupnya pakai isolasi warna hitam yang biasa digunakan untuk menutup sambungan kabel.

Kalau sudah rapi, lo tinggal mencobanya. Putar kunci kontak ke posisi on, lalu tekan tombol elektrik starter. Dan rasakan bedanya.

Api dari kabel sebelum diberi lilitan kabel antena

Api dari kabel setelah diberi lilitan kabel antena

Teks: Joppie | Foto: Joppie

62 COMMENTS

  1. Kalo di kombinasikan dengan 9 powor gimana?
    Tolong pencerahannya. Lumayan juga kalo aliran listrik sempurna bisa sedikit hemat bbm tenaga pun terasa.

  2. maksud dari : Jangan lupa, ujung kabel pasangkan soket atau konektor buat nempelin kabel ke rangka, ada gambarnya ga omm..?