0
2317

Makan Mie Atep Minumannya Es Jeruk Kunci, Endesss

GILAMOTOR.com – Selain menikmati perjalanan dan pemandangan di lokasi tujuan touring, kuliner juga jadi salah satu sasaran para pemburu makanan. Nah.. Kalau bro en sis sedang atau akan touring ke Belitung, jangan lupa mampir ke kedai makanan Mie Atep di Kota Tanjung Pandan.

Mie Atep sendiri diambil dari nama sang pemilik kedai, Nyonya Atep. Nama aslinya Veronica, tapi karena ia lebih dikenal dengan sebutan Atep, akhirnya mie buatannya diberi nama Mie Atep. Mie Atep juga disebut sebagai Mie Artis lantaran banyak artis yang makan di kedainya.

Mie Atep adalah mie kuning yang disiram kuah dari kaldu udang serta ditambah dengan irisan timun, kentang rebus dan emping. Rasa nikmatnya dihasilkan dari kuah yang agak kental berwarna kecoklatan dengan rasa manis gurih.

“Kuahnya dibuat pakai rempah. Ada bawang merah, kemiri, lada dan udang. Untuk pengentalnya pakai terigu,” jelas Nyonya Atep.

Wanita berusia 69 tahun ini sudah 41 tahun menjual Mie Atep. Awalnya, dia hanya mendapat saran dari ibunya kalau mau menjual mie harus ditambah bumbu-bumbu agar berbeda dengan makanan dari mie lainnya. “Saya membuat Mie Atep sejak umur 28 tahun. Sampai sekarang kedai ini jadi satu-satunya penjual Mie Atep di Belitung. Di Jakarta sudah ada di kawasan BSD, anak saya yang menjual.”

Cara penyajiannya, mie yang sudah ditakar diletakkan di atas piring bersama irisan timun, potongan kentang dan emping. Rasa nikmatinya akan terasa makin mak nyuss saat disantap dalam keadaan panas.

Untuk minumnya, Nyonya Atep sudah menyiapkan minuman pendaping Mie Atep, yaitu Es Jeruk Kunci.

Selain  Mie Atep, Nyonya Atep juga menawarkan Nasi Tim Ayam. Mie Atep dijual dengan harga Rp 12000 per porsi dan Nasi Tim Ayam Rp 15000. Kedai Mie Atep ada di Jl. Sriwijaya No. 27 Tanjungpandan.

Teks: Jayadi | Foto: Jayadi