Photo: Gilamotor.com/Ary
0
4420

Suzuki Satria FU150 Injeksi, Kuda Besi Andalan di Balap Nasional dan Asia

GILAMOTOR.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana menerjunkan Suzuki Satria FU150 FI (injeksi) ke arena balap. Generasi baru motor bergenre ayam jago itu bahkan tak hanya dipakai untuk balapan nasional, melainkan juga di level Asia.

Saat ini, PT SIS memiliki format balap OMR Suzuki Indonesia Challenge (SIC) yang ditujukan sebagai program seleksi untuk mencari bakat rider muda Indonesia.

Antuasias yang ditunjukkan pun cukup baik dimana Suzuki Indonesia merealisasikan misi untuk membawa pemenang utama SIC berlaga di kejuaraan yang lebih tinggi, Suzuki Asian Challenge (SAC).

Andreas Gunawan, Adhi Chandra dan Dedi Kurniawan adalah contoh jebolan SIC season 1 yang mampu menapaki karir di tingkat internasional. Pun demikian dengan harapan para rider yang saat ini menantikan pertarungan akhir di grand final SIC season 2, Desember nanti.

Namun, kompetisi di season 3 mendatang diakui lebih kompetitif. Ini terkait soal Satria FU150 FI yang digadang bakal menggantikan versi karburator di gelaran ketiga SIC.

Giri S Triatmojo, Strategic & Planning 2W Dept Head PT SIS pun mengakui hal tersebut. “Produk (Satria FU150 FI) yang akan digunakan nanti sangat superior,” bukanya saat bertemu di acara SIC Samarinda, Sirkuit Kalan, Kalimantan Timur, Minggu (22/11/2015).

Pemakaian sang kuda besi juga akan terjadi pada helatan kedua SAC. “Ya, benar dan saat ini motornya sedang didevelop,” ujar Giri yang tak mau menyebut spesifikasi lengkap Satria FU150 FI.

Saat ditanya perbedaan spek antara Satria FU 150 FI versi SIC dan SAC, Giri menerangkan tidak terlalu banyak perubahan. “Pastinya yang injeksi menggunakan ECU garapan Suzuki Malaysia,” sahutnya.

Selebihnya mungkin akan sama. Mulai dari knalpot Yoshimura, hang guard dan footstep underbone dari Racing Boy serta ban Dunlop. Kita tunggu saja update dari Suzuki nanti.