Photo : TMC Polda Metro Jaya
1
562

Tips Aman Hadapi Banjir Saat Naik Motor

GilaMotor.com – Musim hujan telah tiba dan tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapinya. Buat pemotor, tantangan pada saat musim hujan beragam. Ada kalanya kita harus berhadapan dengan banjir.

Menerobos banjir dengan sepeda motor memang bukanlah keputusan terbaik. Namun bila harus dilakukan, ada beberapa hal yang penting untuk dipikirkan terlebih dahulu. Pertimbangan ini penting mengingat jika air masuk ke dalam mesin maka bisa mengakibatkan bercampurnya oli dengan air dan akan merusak mesin.

(Baca juga: Cari Tahu Pentingnya Menguras Air Radiator Motor)

Gilmoters tentunya tidak ingin merasakan kerusakan ini pada motor kalian kan? Pertimbangan pertama adalah pastikan motor kalian memiliki kompresi yang baik dan pengapian yang baik, karena jika keduanya dalam kondisi tidak baik dapat dipastikan motor akan mogok saat menerobos banjir.

Kedua, ketinggian air, Gilmoters bisa melintas jika ketinggian air berada di bawah lubang kenalpot. Agar lebih aman batas ketinggian yang bisa motor kalian lewat adalah di bawah cakram atau tromol, dengan tujuan kalian masih bisa melakukan pengereman saat menerjang banjir.

Air yang masuk lewat lubang kenalpot dan filter udara tentunya dapat tercampur ke dalam oli, sehingga warna oli dapat berubah menjadi putih dan dapat merusak mesin Gilmoters.

Saat menerobos banjir kalian harus konstan menarik gas, saran Bang Gilmot sih di putaran rendah aja yang pasti jangan sampai kehilangan gas. Karena hilangnya gas bisa membuat air masuk melalu lobang knalpot.

Yang menjadi kesalahan para pengguna jalan adalah menguntit di belakang mobil tanpa memperhatikan jarak aman, padahal cara tepat menguntit di belakang mobil ialah dengan mengikuti jalur roda kanan ataupun kiri untuk mendapatkan jalur yang sudah lebih dulu dilewati oleh mobil. Jangan sesekali berada di sebelah nya karena kalian akan mendapatkan gelombang air dari mobil tersebut.

Namun, jika kalian ragu untuk menerobos banjir dalam keadaan motor menyala, Gilmoters bisa melaluinya dengan cara mematikan motor dan menutup lobang knalpot. Cara ini bisa kalian lakukan jika ketinggian air di bawah lubang filter udara ya, pasalnya filter udara yang basah akan menghantarkan air menuju mesin loh Gilmoters.

Sampai disini semoga kita semua belajar. Jadi kita harus memastikan kondisi motor dalam keadaan baik terlebih dulu sebelum menerjang banjir.

1 COMMENT