0
396

Gak Banyak Tahu, Begini Tampilan Pertama Yamaha TMax 2020

Skutik moge yang hadir di Indonesia terutama untuk matik Yamaha terbaru, umum didengar untuk nama NMax, XMax, PCX, dan Aerox. Namun tahukah anda bahwa di luar negeri sana terdapat matik Yamaha terbaru dengan nama Yamaha TMax? Berikut adalah ulasannya.  

Yamaha TMax memasang mesin hingga 560cc, dan varian Tech Max baru. Bahkan patut disayangkan TMax yang baru tampaknya tidak akan hadir di Amerika Serikat.

Justru matik Yamaha terbaru ini heboh di Eropa. TMax telah sangat populer, dengan Yamaha telah menjual lebih dari 275.000 unit secara total.

Pembaruan yang mencolok ada pada mesin dua silinder 560cc. Hadir berkat peningkatan lubang 2mm menjadi 70mm. Yamaha yakin mesin baru ini meningkatkan tenaga maksimum sebesar 3,5% dan torsi maksimum sebesar 6%. Sementara bobotnya hanya 1% lebih banyak dari mesin sebelumnya.

Mesin baru ini juga memenuhi standar Euro 5, berkat ruang bakar yang dibentuk ulang, katup masuk 27mm yang lebih besar, dan pengaturan waktu katup masuk dan buang yang direvisi.

Yamaha juga memposisikan ulang injektor bahan bakar 12 lubang ke bagian bawah saluran masuk. Sekarang memungkinkan bahan bakar dimasukan langsung ke bagian belakang katup untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.

Hal tersebut juga membantu kinerja TMax dalam urusan knalpot dengan model baru, yang menggunakan catalytic converter depan dan belakang serta menggunakan elemen platinum dan rhodium.

Pembaruan mesin lainnya termasuk sistem pendingin yang direvisi dengan radiator berukuran lebih besar, saluran udara baru, dan tensioner rantai resin plastik baru. Yamaha juga menyempurnakan sistem kontrol traksi.

TMax menawarkan dua mode mesin, yakni ada mode yang lebih sporty untuk jalan terbuka dan mode perkotaan yang menawarkan pengiriman tenaga yang lebih lembut.

Yamaha juga mengubah CVT untuk memberikan persneling yang setara dengan kecepatan mesin. Dengan kualitas lebih tinggi daripada TMax sebelumnya. Yamaha mengklaim ini menawarkan akselerasi yang lebih baik dan pengalaman berkendara yang lebih halus saat melaju.

Seperti TMax sebelumnya, mesin terpisah dari swing arm, mengadopsi lebih banyak desain sasis tipe sepeda motor daripada skutik biasa dengan mesin terintegrasi dengan swingarm.

Hal tersebut memungkinkan Yamaha untuk menggunakan shock belakang monocross tipe link. Pada bagian depan, TMax 2020 menggunakan garpu upside-down 41mm, yang semakin menguatkan karakter sporty.

Matik Yamaha terbaru ini memperbarui hampir setiap bagian bodi skuter. Tetapi masih dikenali sebagai TMax dengan penutup samping dengan bentuk yang sama.

Penyimpanan di bawah jok dapat dikunci dan tahan air. Yamaha juga mengklaim bagasi kali ini dapat memuat satu helm full-face atau dua helm half face.

Fitur lainnya termasuk lampu sein LED baru, lampu belakang berbentuk T baru, sistem penguncian standar tengah, dan kunci kontak dengan keyless.

Yamaha TMax Tech Max 2020 menawarkan beberapa kenyamanan tambahan. Tech Max hadir dengan aplikasi smartphone yang menyediakan pelacakan GPS untuk keamanan tambahan. Juga fasilitas geofence yang memperingatkan pengendara jika skuter telah meninggalkan area tertentu.

Yamaha TMax 2020 akan hadir dalam beberapa opsi warna yakni Icon Grey yang lebih terang dan Sword Grey yang lebih gelap.

Sedangkan untuk TMax Tech Max akan ditawarkan dalam pilihan warna Sword Grey dan Tech Kamo, keduanya dengan garpu warna emas untuk membedakan secara visual dari TMax biasa.