0
133

Warna Baru Yamaha XSR 155, Hadirkan Livery Tribute

Di akhir tahun 2019 silam, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan sebuah motor dengan gaya neo retro yaitu Yamaha XSR 155. Selang 2 tahun, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memberikan penyegaran pada Yamaha XSR 155. Penyegaran yang didapatkan motor dengan gaya naked sport neo retro tersebut adalah dua warna baru.

Dua warna yang diberikan kepada Yamaha XSR 155 antara lain Matte Dark Blue Authentic dan XSR 155 World Grand Prix 60th Anniversary Livery. Keduanya memiliki makna masing masing. Untuk Matte Dark Blue ini mengusung konsep Wanderlust Nature. Sedangkan untuk World Grand Prix 60th Anniversary Livery ini terinspirasi dari desain merah putih pada YZR500 yang digunakan oleh sang juara Kenny Roberts di Grand Prix 1980 kelas 500 cc.

Yamaha XSR 155 yang menggunakan warna Matte Dark Blue Authentic, terdapat di beberapa bagian. Untuk warna biru matte menempel pada bagian tangki, spakbor depan yang dikombinasikan dengan kelir silver. Kemudian pada bagian velg dibalur dengan warna hitam. Konsep yang menempel pada Yamaha menyebut XSR 155 Matte Dark Blue ini diklaim cocok buat pemotor yang gemar menjelajah namun tetap ingin bergaya pakai motor klasik modern.

Kemudian untuk warna kedua yaitu World Grand Prix 60th Anniversary Livery ini pada sisi desain tampak dari speedblock warna merah di horizontal line dengan stripe hitam pada body motor, lalu sentuhan warna emas pada velg semakin mempertegas ciri khas livery ini. Livery ini persis seperti yang ada pada MX King 150, All New Aerox 155 Connected ABS, All New R15M Connected ABS dan R25 ABS.

YIMM membekali XSR 155 dengan beragam fitur canggih untuk memudahkan dalam berkendara. Fitur yang tersemat di dalamnya antara lain Assist & Slipper Clutch. Dimana fitur assist yang ada di motor ini dapat memudahkan pengoperasian kopling hingga lebih ringan saat handle kopling ditarik. Sedangkan fitur Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang. Fitur tersebut bekerja saat kita melakukan engine brake atau saat menurunkan gigi secara cepat.

Bicara soal kaki kaki, Yamaha membekali XSR 155 dengan suspensi Upside Down. Dengan menggunakan suspensi jenis tersebut, kesan gagah pun ikut terpampang pada XSR 155. Namun sebenarnya tidak hanya menonjolkan kesan gagah, tapi juga ikut meningkatkan handling saat berkendara. 

Kesan gagah pada Yamaha XSR 155 sebenarnya tidak hanya terlihat pada bagian suspensi saja, tapi ikut didukung juga dengan penggunaan ukuran ban. Ya, pada bagian depan, Yamaha menyematkan ban berjenis dual purpose dengan ukuran 110/70 sedangkan bagian belakang menggunakan ban berukuran 140/70. Kedua ban tersebut membalut velg casting wheel dengan diameter 17 inci.

Nah bicara soal mesin, Yamaha membenamkan mesin 4-tak berkapasitas 155 cc SOHC berpendingin cairan. Mesin ini sudah menggunakan sistem pengabutan fuel injection yang membuat konsumsi bbm jadi lebih efisien namun tetap bertenaga. Mesin ini juga sudah dibekali dengan fitur VVA (Variable Valve Actuation). Bicara soal tenaga, mesin 155 cc tersebut mampu mengeluarkan tenaga puncak sebesar 14,2 kw pada 10.000 rpm dan torsi puncak sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Jika kalian tertarik untuk meminang motor tersebut, anda bisa menyiapkan uang sebesar Rp 36.905.000 untuk Yamaha XSR 155 Matte Dark Blue Authentic. Namun jika anda tertarik untuk meminang XSR 155 Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary Livery anda harus merogoh kocek sebesar Rp 37.505.000. Harga yang tertera tersebut sudah on the road Jakarta.