Foto: Dok. Rideapart.com
0
23

Ducati Siapkan Diavel Bermesin V4

Salah satu model Ducati yang sangat laris di pasaran adalah Diavel. Motor gede (moge) bergaya cruiser ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 lalu. Seiring perjalanannya, sudah beberapa kali Ducati melakukan penyegaran dan peningkatan.

Generasi pertama dipasarkan hingga tahun 2015, baru berganti ke generasi kedua. Ada dua varian yang ditawarkan, yakni Dark dan Carbon. Mesin yang digunakan berkapasitas 1.198 cc, Testastretta, yang mengadopsi mesin dari Ducati 1198.

Foto: Dok. Rideapart.com

Tapi, selain itu Ducati juga beberapa kali meluncurkan edisi spesial dengan jumlah terbatas untuk Diavel. Ada Diavel AMG Edition yang diluncurkan tahun 2012. Lalu, Diavel Cromo pada tahun 2013.

Kemudian, pada tahun 2015, diluncurkan juga Titanium Edition dengan jumlah hanya 500 unit di dunia. Selanjutnya di tahun 2017, Ducati bekerja sama dengan perusahaan denim dan meluncurkan Diavel Diesel Edition yang diproduksi hanya 666 unit di dunia.

Foto: Dok. Rideapart.com

Tahun 2016, Ducati meluncurkan Xdiavel dengan dua varian, standar dan S. Untuk Xdiavel S, diklaim sebagai motor Ducati dengan akselerasi tercepat. Untuk 0-100 kilometer per jam, dapat ditempuh dalam 2,9 detik. Mesinnya sudah berkapasitas 1.262 cc.

Pada tahun 2019, Ducati meluncurkan Diavel 1260 yang dibekali dengan mesin Testastretta DVT 1262 dan knalpot yang baru. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 162 hp pada 9.250 rpm dan torsi mencapai 130,5 Nm pada 8.800 rpm.

Belum lama ini, Ducati tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan pada Diavel yang diyakini menggunakan mesin baru. Dilihat dari bentuknya, konstruksinya seperti mesin V4, mirip dengan yang digunakan pada Desmosedici di MotoGP. Knalpotnya juga terlihat ada empat lubang, mengindikasikan ada 4-silinder pada mesinnya.

Foto: Dok. Rideapart.com

Dugaan tersebut semakin diperkuat dengan adanya bordiran pada bagian jok yang bertuliskan Diavel V4. Jika melihat tampilan depannya, desain lampu utama mirip dengan Ducati Monster. Lalu, lampu sein dibuat terintegrasi dengan setang kemudi. Di samping tangki sekarang terdapat shroud yang cukup besar, mengingatkan pada desain Yamaha V-Max.

Bagian kaki-kakinya masih mengandalkan suspensi upside down di bagian depan dan mono arm di bagian belakang. Secara keseluruhan, desainnya masih senada dengan model Diavel sebelumnya.

Hingga kini, belum ada konfirmasi dari Ducati mengenai kapan motor tersebut akan meluncur. Namun, diperkirakan Diavel V4 ini paling cepat akan diperkenalkan ke publik pada akhir 2022 ini.