Foto: Dok. Speedweek.com
0
66

Skuter 50cc Bekas Valentino Rossi Terjual Rp253 Juta

Salah satu legenda hidup MotoGP yaitu Valentino Rossi selalu menggunakan sebuah skuter berkapasitas 50cc sebagai motor paddocknya. Kini skuter dengan jenis Yamaha Giggle 50cc yang kerap digunakan oleh pembalap asal Italia tersebut berhasil terjual dengan harga yang sangat fantastis.

Sebuah lelang amal yaitu Minardi Day yang diselenggarakan di Autodromo Enzo dan Dino Ferrari di Imola berhasil menjual skuter kecil yang dilabeli nomor balap The Doctor tersebut seharga 17.000 Euro atau sekitar Rp 253 Juta. Skuter ini begitu spesial selain digunakan oleh Valentino Rossi pada musim balap 2008-2009 juga telah dibubuhi tanda tangan oleh sang legenda langsung.

Foto: Dok. Otorider.com

Kemudian uang yang didapatkan dari penjualan skuter mungil tersebut akan disalurkan ke Medea La Nostra Famiglia. Medea La Nostra Famiglia merupakan sebuah asosiasi yang fokus pada rehabilitasi anak-anak autis dan disabilitas.

Skuter buatan Yamaha ini digunakan oleh Tim Yamaha sebagai alat transfer paddock MotoGP selama musim 2008 dan 2009. Motor tersebut memiliki tugas untuk membawa beberapa anggota tim dan khususnya Valentino Rossi serta fotografer resmi tim yaitu Gigi Soldano.

Foto: Dok. Liveauctioneers.com

Skuter berkapasitas mesin 50cc tersebut memiliki dua versi khusus dengan grafis yang disesuaikan ala Valentino Rossi. Salah satunya adalah model yang dilelang ini. Namun untuk versi VR resmi dengan tanda tangan rider Italia tersebut. Saat musim balap tersebut berakhir, Yamaha Giggle 50 tersebut tidak pernah lagi digunakan. Namun motor ini masih berfungsi dengan normal.

Yamaha membekali Giggle 50 dengan mesin satu silinder 4-stroke 3-valve dengan kapasitas mesin 49 cc yang dikawinkan dengan transmisi otomatis. Mesin tersebut memiliki tenaga puncak sebesar  3 dk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 3 Nm pada 5.500 rpm. 

Karena skuter ini memiliki dimensi yang minimalis, bobot dari Yamaha Giggle 50 ini hanya seberat 87 kg. Tangki bbm pada skuter ini pun kecil dimana hanya bisa menampung bahan bakar sebanyak 4,5 liter saja.