Dok. Foto: Motogp.com
0
416

Moto2 dan Moto3 Akan Gunakan BBM 40% Biofuel di Musim 2024

Untuk gelaran Moto2 dan Moto3 musim 2024, Petronas dan Dorna Sport telah mengumumkan penggunaan bahan bakar berkelanjutan di Sirkuit Sepang. Petronas sejauh ini jadi pemasok tunggal untuk bahan bakar (BBM) resmi Moto2 dan Moto3. Petronas berkomitmen untuk masa depan nol emisi karbon.

Untuk musim depan, Moto2 dan Moto3 dipastikan hanya akan menggunakan BBM Petronas Primax Pro-Race M2. Bahan bakar ini diformulasikan dengan 40 persen biofuel non-fosil, yang jadi syarat peraturan Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM 2024.

“Tonggak penting ini menyoroti komitmen bersama PETRONAS dan Dorna Sports untuk menciptakan jalur menuju masa depan yang lebih rendah karbon,” jelas Datin Anita Azrina Abdul Aziz selaku Senior General Manager di Petronas.

Sementara, Camelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sport menyebut 2024 merupakan era baru untuk balap motor Grand Prix.

“2024 menandai dimulainya era baru balap motor Grand Prix seiring kami mengambil langkah pertama menuju era global baru tanpa bahan bakar karbon,” ujar Ezpeleta.

Lebih lanjut, CEO Dorna Sports tersebut juga menyebut kerjasamanya dengan Petronas sebagai langkah luar biasa.

“Bekerja sama dangan mitra terkemuka dunia seperti Petronas untuk mewujudkan ini di Moto2 dan Moto3 sungguh luar biasa bagi kami, memastikan kedua kelas tetap memiliki performa luas biasa sekaligus menggunakan minimal 40% bahan bakar non fosil,” lanjut Ezpelata.

Untuk proses fase pengembangan, bahan bakar dari Petronas tersebut terus diuji performanya dengan ketat.