Foto: Dok. Gilamotor
0
65

Street Race Putaran Keempat Sukses Digelar di Lokasi Sakral

Polda Metro Jaya baru saja sukses menggelar event balap motor di Kemayoran, Jakarta Pusat. Event keempat yang digelar pada 3-4 September 2022 tersebut digelar di lokasi yang bisa bilang sakral. Hal tersebut lantaran lokasi track yang digunakan adalah lokasi yang memang kerap digunakan untuk ajang balap liar.

Kombes Latif Usman delaku Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya berharap dengan adanya event ini para pecinta kecepatan memanfaatkan event ini dengan baik. Ia pun berharap nantinya tidak ada lagi kegiatan balap liar.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran dalam pembukaannya mengatakan, gelaran street race ke-4 ini merupakan realisasi akan inovasi dan niat Polda Metro Jaya menghilangkan balapan liar. Dan dibuktikan secara nyata, bukan wacana. 

Foto: Dok. Tribratanews.polri.go.id

Total partisipan yang mendaftar pada seri keempat tersebut sebanyak 10.050 peserta. Hal yang paling menarik adalah joki atau pembalap drag motor ternama yang kerap turun di balap liar seperti Rian Me’e dan Bagol pun turun di street race ini.

Hal tersebut pun ikut diperkuat dengan pernyataan dari Ergus Oi selaku ketua pelaksana yang mengatakan jika joki ternama tersebut ikut meramaikan event ini. Hal menarik lainnya adalah motor-motor balap yang kerap turun di balap liar pun diturunkan pada event putaran keempat tersebut.

Pembalap dari bengkel FMM, Irfan ikut meramaikan event ini dengan memboyong beberapa motor balap metiknya seperti Yamaha Aerox, Honda Vario, Yamaha MX hingga Jupiter MX.

“Saya berharap event seperti ini bisa digelar seminggu sekali. Biar para pehobi balap motor seperti kita bisa mendapatkan wadah,” tambah Irfan.

Foto: Dok. Gilamotor

Selain menggunakan lokasi yang memang menjadi tempat terbesar dan terlama balap liar, event Street Race Kemayoran inipun menggunakan panjang lintasan yang sama yaitu 500 meter. Sedangkan pada 3 seri sebelumnya tidak menggunakan lintasan sepanjang ini.

Tidak hanya para pehobi balap liar saja yang ikut meramaikan event yang digelar selama 2 hari tersebut, tapi komunitas motor lain pun ikut meramaikan. Salah satunya adalah komunitas Ora Kumpul Ora Pusing. Faizar Pratomo yang turun di ajang tersebut menurunkan Kawasaki Ninja RR di ajang tersebut meski belum pernah turun di event sejenis sebelumnya.

Ergus Oi selaku ketua pelaksana event ini sangat berterima kasih kepada Polda Metro Jaya yang berhasil mewujudkan aspirasi para penggiat balap liar. Ia sangat berharap event seperti ini bisa digelar secara rutin agar kegiatan balap liar bisa diredam bahkan dihilangkan.