Foto: Kompas.com
0
103

Teknologi Super KIPS di Ninja 2-tak, Apa Itu?

Bagi pecinta motor Ninja 2-Tak siapa nih yang masih bingung dengan teknologi Super KIPS? Pengguna Ninja 2-Tak wajib tahu lho dengan teknologi ini. Bagaikan turbo, Super KIPS awalnya muncul pada Ninja 150 RR dan kemudian merambah ke Ninja 150 R.

Nah, Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) adalah sistem gas buang yang dikembangkan oleh Kawasaki untuk memenuhi standar Euro 2. Teknologi ini memanfaatkan buka tutup katup di ara head silinder  pada saat putaran mesin rendah dan tinggi dengan tujuan untuk mengatur jumlah gas buang yang keluar ke exhaust. 

Ketika putaran mesin di atas 7.000 rpm, katup Super KIPS yang ada pada Kawasaki Ninja 2-Tak akan terbuka. Sementara itu, ketika putaran mesin di bawah 7.000 rpm, katup ini akan tertutup.

Fungsi dari Teknologi Super KIPS adalah untuk menghindari campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar dalam bentuk emisi terbuang sia-sia.

Efeknya pun bisa dirasakan pengendara. Power motor dengan Teknologi Super KIPS akan semakin gahar saat putaran mesin di atas 7.000 rpm berkat jalur buang yang terbuka lebar. Namun, bensin akan lebih boros dalam kondisi ini. 

Berbeda saat putaran mesin di bawah 7.000 rpm, teknologi ini ternyata membuat emisi lebih rendah tetapi tetap menjaga tenaga mesin tetap bertenaga berkat torsi yang menjadi lebih besar.

Kinerja Super KIPS ditujukan untuk efisiensi dan peningkatan tenaga atau performa mesin. Jika tanpa Super KIPS, performa motor mungkin bisa lebih ganas namun sangat tidak efisien.  

Foto: Motorplus-online.com

Catatan yang perlu diingat, karena Super KIPS terletak di ruang bakar maka sebaiknya katupnya perlu dibersihkan secara berkala. Jika tidak, biasanya Super KIPS bisa macet tiba-tiba akibat kerak sisa gas buang ataupun kotoran yang menumpuk. Apabila Super KIPS macet dalam kondisi katup terbuka, motor biasanya akan terasa berat di putaran mesin rendah dan juga bakal lebih boros bensin. 

Dalam keadaan emergency sebenarnya pengendara bisa melakukan servis sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel dengan cara membuka rumah Super KIPS dengan kunci ring 10 serta 8 dan juga kunci L5 kemudian membersihkan atau menggerakan gigi-gigi mekanis KIPS yang macet. Namun, baiknya memang dibawa ke bengkel resmi untuk menghindari terkikisnya gigi dan lain sebagainya.

Dengan masih ramainya praktek modifikasi Ninja 2-Tak, populasi motor Ninja satu ini masih banyak bertahan. Karena itulah perawatan rutin Super KIPS harus dibiasakan, terlebih ternyata pemilihan oli samping yang tepat juga sangat membantu menjaga kondisi Super KIPS tetap prima.