Dok. Foto: Kawasaki.com
0
118

Kawasaki Rilis ZX-14R Edisi Perayaan 40 Tahun, Apa Istimewanya?

Dalam edisi perayaan 40 tahun atau 40th Anniversary nomenklatur Ninja, Kawasaki di Amerika merilis Ninja ZX-14R. Sebelumnya, sudah dirilis Ninja ZX4-RR, ZX-6R, dan ZX-10R.

Ninja ZX-14R sebenarnya sama saja dengan model standar. Perbedaannya hanya pada bagian coraknya saja.

Untuk warnanya sendiri sesuai dengan skema Ninja lansiran 1990-an. Menggunakan kombinasi warna lime green, pearl crystal white, dan biru. Aura lawasnya juga tampak pada bagian pelek yang diberi warna lime green, sangat khas dengan Ninja.

Spesifikasinya sama dengan model standar. Mesin untuk Ninja ZX-14R menggunakan mesin 1.441 cc empat silinder segaris dengan pendingin cairan, punya dua mode tenaga, full dan low (75 persen).

Ninja ZX-14R dilengkapi dengan Kawasaki Traction Control (KTRC) atau traksi pada sektor performa. Traksi ini memiliki tiga mode disesuaikan dengan kondisi jalan.

Ninja ZX-14R juga memiliki back torque limiting clutch agar jalannya jadi jauh lebih mulus. Fitur ini bekerja mencegah roda belakang selip ketika melakukan downshift atau turun gigi.

Meski bodinya bongsor, Ninja ZX-14R diklaim tetap lincah. Hal ini lantaran sasisnya menggunakan tipe monokok yang ringan. Apalagi suspensinya bisa disetel dan sistem pengereman ganda di depan dan cakram tunggal di belakang dengan kaliper Brembo.

Jadi, sebenarnya spesifikasinya sama dengan versi standar hanya pada bagian warnanya saja yang spesial.

Harganya juga cukup spesial, Ninja ZX-14R Anniversary Edition dibanderol USD 17.249 atau setara Rp267 jutaan. Sementara untuk Ninja ZX-14R standar dengan ABS harganya lebih murah yakni sekitar Rp257 jutaan.