Motor Isi BBM di SPBU (sumber: Wahana Honda)
0
37

Tips Agar Motor Karbu Lebih Irit BBM & Tetap Lincah

Meski dunia otomotif saat ini telah digempur oleh teknologi injeksi, namun motor dengan sistem karburator masih tetap digandrungi. Motor non injeksi dinilai memiliki perawatan yang jauh lebih mudah, serta dapat disetel sesuai selera maupun kebutuhan pengguna. 

Fungsi karburator sendiri merupakan menyuplai bahan bakar ke ruang mesin. Namun, motor ini memiliki kekurangan yakni, motor yang bermesin karburator beresiko pada bahan bakar yang terlalu boros. Maka banyak pengendara motor ini melakukan berbagai tips agar motor karbu lebih irit BBM & tetap lincah.

Salah satunya dengan menyetel sistem karburator mereka lebih irit. Namun tetap dengan tenaga yang tangguh dan lincah.

Artikel terkait tips hemat bensin motor:

 

Alasan Karburator Motor Perlu Di Setting Sebagai Satu Tips Agar Motor Karbu Lebih Irit BBM & Tetap Lincah

Karburator merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Fungsi utama karburator adalah mencampurkan bahan bakar dengan udara pada saat proses mesin dinyalakan. 

Jika Gilmoters bisa mensetting karburator pada motor karbu, maka konsumsi bahan bakar akan semakin irit. Pengaturan karburator juga difungsikan untuk mengatur kapasitas udara dan bensin, agar lebih sesuai dengan kapasitasnya.

Inilah salah satu caranya, agar motor karbu lebih irit bahan bakarnya, yakni dengan mensetting karburatornya di motor. Ada pun tips lainnya, Gilmoters bisa mengikuti tips di bawah ini.

 

Tips Agar Motor Karbu Lebih Irit BBM & Tetap Lincah

Untuk menyetel karburator motor tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menemukan pengaturan mesin dan konsumsi bahan bakar. Pengaturan harus dilakukan dengan pas, antara performa dan konsumsi BBM. 

Jika pemasangan dilakukan tidak dengan benar, hal tersebut bisa berakibat membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros. 

Ikuti tips agar motor karbu lebih irit BBM & tetap lincah dengan benar dari Gilamotor sebagai berikut.

  • Perawatan Karburator

Pertama-tama, Gilmoters harus memastikan bahwa kondisi mesin dalam keadaan bersih, dan rutin menjalankan service. Mesin kotor hanya akan memicu penyumbatan sehingga proses penyetelan akan terkendala. Jadi, pastikan Gilmoters sudah membersihkan karburator lebih dulu.

 

  • Siapkan Peralatan untuk Penyetelan

Kedua, siapkan peralatan penyetelan karburator motor. Bukan seperti piranti komputer yang rumit, Gilmoters hanya memerlukan peralatan pendukung seperti obeng min (-). 

Obeng minus merupakan salah satu peralatan yang akan digunakan untuk penyetelan. Obeng minus dipilih karena umumnya setelah karburator motor semuanya menggunakan baut min.

 

  • Hidupkan Motor

Setelah obeng siap digunakan, kemudian hidupkan mesin sepeda motor. Langkah ini perlu dilakukan karena cara menyetel karburator yang baik dan benar harus dalam keadaan mesin hidup. 

Gilmoters perlu melihat dan mendengarkan gas sepeda motor dengan seksama. Jangan lupa untuk memutar gas berulang-ulang untuk memastikan apakah motor dalam kondisi brebet.

 

Baca juga terkait motor karbu:

 

  • Putar Sekrup Penyetel Gas

Jika mesin sudah berada pada posisi hidup, selanjutnya ambil obeng min dan putar sekrup baut penyetel gas ke arah kanan. Atau searah dengan jarum jam untuk membuat katup gas terbuka lebih lebar. Sehingga RPM mesin juga akan semakin tinggi.

Lakukan secara perlahan, karena sekrup gas mesin akan semakin berputar cepat.Dan putar sekrup tersebut jangan terlalu banyak. Sebagai catatan, kamu bisa memutarnya setelah genap 2 putaran saja.

 

  • Tutup Sekrup Penyetel Udara

Pada saat putaran mesin sudah mencapai RPM Tinggi, artinya Gilmoters sudah berada di atas 1500 RPM. Selanjutnya tutup kembali sekrup penyetel angin dengan memutar sekrup searah dengan jarum jam. 

Ketika memutar sekrup penyetel udara, RPM motor akan semakin berkurang, dan putaran mesin akan terasa brebet.

Putar sekrup secara perlahan namun jangan sampai mesin dalam keadaan mati. Jika sebelum saluran udara tertutup mesin sudah mati, silahkan hentikan pemutaran sekrup udara. Dan kemudian berikan sampai RPM terendah yang dapat dicapai oleh mesin.

 

  • Buka Sekrup Udara Sampai RPM Tinggi

Lakukan pemutaran atau penyetelan karbu sampai pada  titik RPM yang bisa dicapai oleh mesin Setelah menemui titik skrups yang pas, serta tepat dengan RPM terendah. Sekarang putar kembali sekrup penyetel udara ke arah sebaliknya (kiri). Atau putar ke arah berlawanan dengan jarum jam.

Putar dengan cara perlahan-lahan agar bisa menentukan campuran antara udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar.

Baca juga: Tips Membedakan Karburator Asli dengan Karburator Palsu

 

  • Turunkan Setelan Gas

Setelah titik sekrup berhasil ditemukan dan telah dikunci kembali, kemudian tentukan aturan idle RPM dengan memutar kembali sekrup gas yang sudah kita buka sebelumnya. 

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memutar ke arah kiri secara perlahan. Sampai bisa mencapai titik idle RPM yang Gilmoters inginkan.

 

  • Tes Setelan Karburator

Dan langkah terakhir setelah berhasil menyetel karburator motor adalah dengan melakukan pengetesan. Pengetesan perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang telah sesuai dengan ukuran. 

Caranya, tarik tuas gas secara berulang pada posisi netral. Jika tidak ada hal aneh atau brebet, maka bisa disimpulkan setelan karburator sudah benar.

Jika belum pas, coba lakukan test drive di jalan. Dan pastikan Gilmoters menarik gas sampai ke titik paling berakselerasi. Jika motor dapat melaju lancar tanpa ada tahanan (brebet), maka Gilmoters tidak perlu menyetel ulang karburator.

 

Tips Motor Karbu Lebih Irit BBM & Tetap Lincah

Selain untuk menjaga motor tetap irit dan dalam kondisi prima, Gilmoters juga perlu membersihkan karburator untuk menjaga komponen dan fungsi utamanya. Mengingat karburator berfungsi untuk menyatukan udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran. 

Jadi karburator harus sering dibersihkan untuk menghindarkan masalah yang tidak dibutuhkan.

Jika karburator dalam keadaan kotor, kinerja mesin akan terganggu bahkan tersendat-sendat (brebet). Untuk itu, wajib Gilmoters ketahui tata cara membersihkan karburator yang baik dan benar, guna untuk mencegah masalh tersebut.

 

  • Lepas Karburator

Pertama lepas karburator dari dudukan menggunakan kunci-kunci mesin. Langkah tersebut harus dilakukan ekstra hati-hati agar nantinya Gilmoters bisa lebih mudah untuk membersihkan bagian-bagian dari karburator motor yang kotor.

Baca juga: Ubah Karburator Jadi Injeksi Demi Power

 

  • Buka Mangkuk Karburator Lalu Bersihkan

Setelah karburator berhasil dilepas, buka mangkok karburator. Lihat dan periksa apakan ada endapan yang terbentuk, atau mungkin ada kontaminasi air dalam mangkuk. Jika iya, bersihkan dengan kuas dan kemudian bilas dengan bensin.

 

  • Pembersihan Filter Udara

Pembersihan filter udara juga bagian dari pembersihan karburator motor. Lepas bagian pilot jet dan needle jet. Saat proses pelepasan, Gilmoters perlu melakukannya satu persatu dan harus berhati-hati. Bersihkan menggunakan kompresor supaya karburator bisa bekerja kembali.

 

  • Spuyer Karburator

Selain filter udara, Gilmoters juga perlu membersihkan spuyer. Komponen ini wajib bersih karena sangat berpengaruh pada mesin. Proses pembersihannya bisa dilakukan dengan cara amplas halus untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

 

  • Pasang Kembali Komponen

Setelah semua komponen bersih, pasang kembali komponen karburator tersebut. Jangan lupa pula untuk mengatur campuran bahan bakar dengan menyetel tingkat ketinggian konsumsi bensin. Langkah ini bisa Gilmoters lakukan dengan mengikuti beberapa langkah yang sudah kami rangkum diatas.

 

Itulah tips agar motor karbu lebih irit BBM & tetap lincah. Untuk menyeting karbu motor lebih irit, lakukan pula pembersihan karbu lebih dulu. Karena kondisi karbu yang kotor hanya akan mengakibatkan masalah lain yang lebih serius. Yuk ikuti langkah berikut dan buat motor karbu Gilmoters lebih irit dari sekarang.