Dok. Photo: Autoblog
0
193

Cara Mencuci Motor Listrik Agar Tak Rusak

Untuk menjaga kebersihan sepeda motornya, salah satu yang sering dilakukan adalah dengan mencucinya. Untuk motor konvensional, tentu banyak orang yang sudah terbiasa mencuci sendiri kendaraannya.

Tetapi, untuk motor listrik, mungkin sebagian orang masih ragu untuk mencuci motor listrik karena ada beberapa bagian yang sensitif dengan air. Untuk itu, mencuci motor listrik butuh hati-hati agar tak merusak komponennya.

Meski demikian, Anda tetap bisa mencuci motor listrik sendiri di rumah jika caranya benar. Berikut beberapa langkah mencuci motor listrik yang harus dipahami:

1. Menggunakan peralatan cuci yang tepat

Pertama adalah menggunakan peralatan cuci yang tepat. Menggunakan alat yang asal-asalan bukannya membuat motor bersih tetapi justru bisa membuat komponen rusak.

Peralatannya antara lain kuas halus, kain setengah basah, kanebo, sabun khusus kendaraan, dan penyemprot air. Kuas halus ini berfungsi untuk menjangkau daerah-daerah sempit yang sulit dicuci.

Kain setengah basah berfungsi untuk membersihkan bodi motor listrik dengan lembut. Kanebo berfungsi untuk mengeringkan motor listrik. Sabun khusus kendaraan berfungsi untuk membersihkan debu atau noda yang menempel di motor listrik tanpa meninggalkan bekas sementara penyemprot air untuk membersihkan sisa bilasan sabun.

2. Bagian sensitif air

Beberapa bagian pada motor listrik ini sensitif dengan air dan harus diupayakan agar tak terkena semprotan air secara langsung. Bagian-bagian tersebut adalah baterai, soket charger, MCB (Miniature Circuit Breaker), speaker (jika ada), dan hub motor listrik.

Bagian-bagian tersebut terhubung dengan sistem kelistrikan. Jika terkena air, bisa menyebabkan konsleting.

Untuk itu, sebelum mencuci motor, pastikan bagian-bagian tersebut sudah tertutup dengan cover rapat-rapat. Untuk memastikan tak terkena air juga bisa dilapisi dengan penutup plastik agar lebih aman. Jangan lupa juga matikan MCB sebelum mencuci motor listrik.

Selain itu, juga sebisa mungkin jangan menyemprot air secara langsung ke speaker atau hub motor listrik. Jika tak sengaja menyemprotnya, segera keringkan bagian tersebut dengan kanebo.

3. Cara menyemprot air

Pastikan kamu tak menggunakan penyemprot air dengan tekanan tinggi. Gunakan penyemprot air tekanan rendah agar tak merusak komponen motor listrik.

Semprot air dengan merata ke seluruh bagian motor, hindari menyemprot motor listrik di satu bagian saja dengan terlalu lama karena justru bisa merusak komponen tersebut.

Itu dia beberapa cara mencuci motor listrik yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Pastikan motor benar-benar dikeringkan setelah dicuci ya agar tak ada air tersisa yang menyebabkan arus dari MCB ke hub motor listrik karena bisa menyebabkan konsleting.