Dok. Foto: Harapan Rakyat
0
331

Suzuki Saluto 125, Mirip Vespa Tapi lebih Terjangkau

Suzuki meluncurkan Suzuki Saluto 125 yang dipasarkan di Taiwan. Skutik ini digadang-gadang jadi pesaing skutik retro asal Italia seperti Lambretta dan Vespa Matic yang dikenal mewah.

Memiliki desain klasik, skutik ini tetap tampil modern. Desainnya timeless lantaran memiliki tarikan garis halus membulat di sepanjang bodinya. Untuk menambah kesan premium pun ditambah akses krom.

Desain menarik dari Suzuki Saluto 125 ini merupakan rancangan dari Alessandro Tartarini yang merupakan perancang terkenal. Karyanya sebelumnya seperti pada produk Lambretta LN dan Italjet Dragster.

Rancangan ini membuat Suzuki Saluto 125 jadi skutik dengan teknologi Jepang tetapi bercita rasa Eropa. Tentu saja ini menjadi nilai sendiri untuk skutik yang diklaim super irit ini.

Soal spesifikasi di atas kertas, Suzuki Saluto 125 menggunakan mesin 124 cc satu silinder dengan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP) yang berpendingin udara yang punya rasio kompresi 10,3:1.

Mesin ini diklaim bisa menyemburkan tenaga hingga 8,6 dk di 7.000 rpm dan torsi maksimum 9,6 Nm di 6.000 rpm.

Menariknya, mesin Suzuki Saluto 125 ini termasuk irit dengan konsumsi BBM yang diklaim mampu mencapai 54,47 km per liter.

Untuk lampunya, sudah full LED dengan bagian depan Suzuki Saluto 125 menggunakan lampu dengan LED dengan trim krom dan lampu LED siang hari, beserta lampu sein. Untuk desainnya memiliki nuansa klasik modern.

Di bagian belakang bergaya Eropa dengan bodi persegi panjang dipadukan dengan lampu belakang LED berbentuk U.

Untuk bagian kaki-kakinya, menggunakan sokbreker depan teleskopik, sementara di sisi kiri belakang menggunakan sokbreker tunggal.

Untuk peleknya, Suzuki Saluto 125 menggunakan pelek racing 10 inci yang dibalut dengan ban depan dan belakang dengan ukuran ban 100/90.

Fiturnya juga sudah cukup kekinian dengan mengusung sistem keyless, soket USB charger, lubang tangki BBM di depan, juga bagasi luas yang mampu menampung helm open face dan barang lainnya.

Suzuki Saluto 125 pertama kali dikeluarkan pada 2019. Untuk versi terbarunya, ada enam varian warna yang tersedia yakni Genoa Red, Lucca Green, Black Sisilia, Rose Gold Bologna, Navy Napoli, dan Milan White.

Untuk harganya, Suzuki Saluto 125 dibanderol 80.000 sampai 83.300 New Taiwan Dollar (TWD) atau setara Rp 38,3 jutaan hingga Rp 39,8 jutaan. Anda tertarik memiliki?