Dok. Foto: Twistedroad.com
0
76

Amankah Beli Motor Bekas via Online? Coba Perhatikan Tips Berikut

Kini, belanja beragam macam kebutuhan bisa dilakukan via online, termasuk membeli sepeda motor. Di berbagai marketplace di dunia maya, kini semua orang bisa mencari sepeda motor baru maupun bekas dengan cukup mudah.

Dibalik kemudahannya, ternyata banyak orang masih ragu apakah membeli sepeda motor bekas via online itu aman?

Sebenarnya, selalu ada celah untuk oknum tertentu melakukan penipuan via online. Untuk itu, membeli sepeda motor bekas via online harus hati-hati dan penuh ketelitian.

Berikut ini ada beberapa tips untuk membeli motor bekas via online:

1. Pahami Harga

Sebelum memutuskan membeli motor bekas via online, sebaiknya harus mencari informasi seputar harga pasaran dari motor bekas yang dicari. Jangan tertipu harga murah karena biasanya penjual yang memasang harga terlalu murah bisa jadi punya modus untuk melakukan penipuan. Namun. jika harga yang dipasang terlalu mahal juga tak perlu dibeli.

2. Rating Penjual

Sebaiknya mengecek rating dan review penjual di toko online yang tengah dikunjungi. Jika ada review jelek, baiknya mencari penjual lain atau pindah platform toko online lain. Dari indikator rating atau biasanya ditandai dengan bintang juga bisa dilihat kepuasan konsumen saat belanja di toko online tersebut.

3. Tanya Teman

Cobalah membeli di toko online di mana rekan atau teman punya pengalaman berupa pernah membeli motor bekas di tempat tersebut. Rekomendasi ini cukup penting agar kita tahu apakah penjual atau toko online tersebut terpercaya atau tidak.

4. Cek Langsung

Meski membeli via online, harus diusahakan agar tetap bisa mengecek langsung motor bekasnya sebelum membayar. Pastikan kondisi motor bekas yang dijual sesuai dengan kondisi nyatanya. Jadi, baiknya di toko online menjadi acuan untuk melihat harga dan jenis-jenis motornya sehingga memiliki gambaran sebelum membeli.

Itu dia beberapa tips membeli motor bekas di toko online.