Dok. Foto: Eahoraescooter.com
0
56

Apa Benar Motor Listrik Gak Boleh Kehujanan?

Indonesia kini telah memasuki musim penghujan di berbagai wilayahnya. Saat hujan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah perawatan kendaraan.

Salah satu yang banyak dibicarakan adalah soal motor listrik yang katanya tak boleh terkena hujan. Mitosnya, bakal bikin macet dan mesinnya bisa rusak. Jadi, apakah motor listrik aman dikendarai saat hujan?

Ternyata, teknisi menjelaskan bahwa motor listrik itu tetap aman dikendarai saat hujan. Motor listrik sama seperti motor konvensional yang tetap aman dikendarai saat hujan.

Baterai motor listrik juga tidak akan rusak saat dikendarai di bawah hujan. Baterai motor listrik dibuat agar tahan air dan tahan debu. Bahkan, untuk baterai motor listrik jenis termurah yakni model SLA (Sealed Lead Acid). Sehingga, dijamin motor listrik tak akan alami korslet saat dikendarai di bawah hujan.

Namun, jangan lupa untuk mencuci motor listrik setelah terkena air hujan kemudian mengelapnya dengan lap bersih. Hal ini untuk menghindari munculnya karat.

Jika hujannya terlalu deras, baiknya juga menunggu sedikit reda karena mengendarai sepeda motor jenis apa pun di bawah hujan yang sangat deras cukup berisiko. Hindari juga jalanan banjir karena bisa merusak mesin.