Dok. Foto: Motorsport.com
0
105

5 Fakta MotoGP Mandalika, 7 Pembalap Crash sampai Bagnaia Jadi Juara

Gelaran MotoGP 2023 di Mandalika berakhir sudah pada Minggu, 15 Oktober 2023. Juaranya adalah jagoan dari Ducati Pecco Bagnaia jadi juara.

Sementara, Marc Marquez tak bisa melanjutkan balapan gara-gara terjatuh. Penasaran fakta-fakta MotoGP Mandalika 2023? Simak yuk daftarnya berikut ini:

1. Marc Marquez apes lagi

Sepertinya sirkuit Mandalika pantas disebut momok bagi pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol ini harus pasrah alami kecelakaan di tikungan 13 pada lap 8. Alhasil, juara dunia enam kali tersebut tak bisa melanjutkan race MotoGP Mandalika 2023.

Marquez juga gagal finish pada Sabtu, 14 Oktober 2023 karena terjatuh di tikungan 11. Hasil ini membuat Marquez belum pernah berhasil mencapai finish di Mandalika mengingat kegagalannya di 2022.

2. Francesco Bagnaia juara

Fakta selanjutnya ialah Francesco Bagnaia atau juga yang dikenal sebagai Pecco Bagnaia berhasil mencapai finish pertama di Mandalika 2023. Bagnaia sendiri start di urutan 13.

Bagnaia tampak percaya diri dan konsisten sejak tarikan pertama. Ia berhasil menyalip Maverick Vinales pada lap ke-20 dan berhasil mempertahankan posisinya sampai akhir balapan.

3. 7 pembalap crash

Sirkuit Mandalika sepertinya bisa dibilang keramat nih buat beberapa pembalap yang apes dan terjatuh di lintasan. Gak tanggung-tanggung, ada tujuh pembalap yang jatuh dan tak bisa melanjutkan balapan.

Ketujuh pembalap ini harus ikhlas pulang tanpa membawa poin. Mereka adalah Luca Marini, Marc Marquez, Pol Espargaro, Augusto Fernandes, Miguel Oliveira, Jorge Martin, dan Johann Zarco.

4. Marco Bezzecchi moncer

Pembalap Mooney VR46 Racing Team Marco Bezzecchi tampil cukup memuaskan di MotoGP Mandalika 2023. Padahal, ia belum lama ini harus menjalani operasi tulang selangka. Meski demikian, performanya impresif dan berhasil finish pada posisi ketiga.

5. Bagnaia puncaki klasemen

Francesco Bagnaia tengah di atas angin dengan berhasil menduduki puncak klasemen di gelaran MotoGP 2023 setelah berhasil finish pertama di MotoGP Mandalika 2023. Bagnaia kini telah mengantongi poin sebanyak 346. Sebelumnya, posisi teratas dipegang oleh Jorge Martin yang kini memiliki poin di bawah Bagnaia yakni 328.

Itu dia beberapa fakta menarik dari gelaran MotoGP Mandalika 2023. Seru dan tak terduga banget ya!