Dok. Foto. Ussfeed.com
0
231

5 Kesalahan Wanita saat Kendarai Motor di Jalanan

Kesalahan yang dilakukan wanita saat berkendara belakangan kerap menjadi sorotan di media sosial. Wanita dianggap kerap melakukan kesalahan mendasar dalam berkendara yang kerap terekam kamera hingga menjadi viral.

Seringnya beredar video viral soal kesalahan wanita saat berkendara ini menciptakan persepsi publik bahwa wanita kurang lihai berkendara. Padahal, sebenarnya soal berkendara ini tak tergantung gender.

Kesalahan umum wanita saat berkendara biasanya karena kurangnya pemahaman tentang peraturan berkendara. Wanita juga biasanya kerap terlalu panik karena menggunakan perasaannya daripada logika ketika berkendara sehingga sering panik di jalan.

Berikut beberapa kesalahan umum wanita saat berkendara yang bisa jadi evaluasi untuk berkendara:

1. Lupa matikan sein

Sein kanan, beloknya ke kiri. Sepertinya jargon ini kerap disematkan ke wanita karena kebiasaan lupa mematikan lampu seinnya.

Tiba-tiba bermanuver belok ke kiri atau ke kanan juga kerap dilakukan karena kurangnya konsentrasi saat berkendara. Untuk itu, perhitungkan jarak saat akan berbelok dan jangan lupa matikan lampu sein setelah membelok.

2. Tak memegang stang dengan benar

Kesalahan ini juga cukup banyak ditemukan, saat wanita memegang stang dengan sembarangan. Padahal, ini sangat penting karena bisa saja menyebabkan kehilangan keseimbangan saat berkendara.

Cara memegang stang yang tak benar yakni memegang stang dengan tangan terbalik atau telapak tangan ke atas. Atau memang stang hanya dengan jari-jari, karena harusnya digenggam dengan leluasa.

3. Gunakan outfit yang berbahaya

Seperti diketahui, wanita memiliki busana yang cukup kompleks daripada pria. Beberapa outfit ini cukup berbahaya digunakan saat berkendara, seperti rok pendek span dan gamis yang menjuntai panjang karena bisa masuk ke roda.

Penggunaan rok atau gamis panjang juga bisa berbahaya karena bisa terinjak hingga kehilangan keseimbangan sehingga menyebabkan jatuh.

Selain itu, menggunakan tas tangan pendek atau tas selempang juga bisa berbahaya saat mengendara sepeda motor. Karena bisa menimbulkan tindakan kriminal seperti penjambretan.

Ada banyak video beredar, ketika perampok menjambret pengendara wanita, bukan cuma harta benda bisa hilang tetapi juga pengendara bisa jatuh karena kehilangan keseimbangan.

4. Posisi duduk terlalu maju

Posisi duduk terlalu maju juga bisa menyebabkan kestabilan berkendara terganggu. Untuk itu, baiknya duduk dengan posisi benar. Tidak terlalu maju dan tidak terlalu ke belakang.

5. Gunakan ponsel di jalan

Kesalahan lainnya yang cukup umum yakni menggunakan ponsel di jalan. Menggunakan ponsel bisa menyebabkan pengendara kehilangan konsentrasi dan kurang memperhatikan kondisi sekeliling.

Untuk itu, dalam kondisi mendesak jika ingin menggunakan ponsel baiknya tepikan dulu sepeda motor di tempat yang aman. Jika dirasa sudah siap berkendara, matikan ponsel dan letakkan di tempat yang aman.

Itu dia beberapa kesalahan umum wanita saat berkendara.