11
2051

Adaptive Light Dari BMW

GilaMotor, MUNIC.- Teknologi yang diadopsi pada mobil berlambang baling-baling pesawat, BMW, kini mulai diterapkan pada motor mereka. Mulai dari traction control hingga Anti-lock brake System.

Tak cukup sampai disitu. Pengalaman gangguan penglihatan saat perjalanan malam hari, membuat BMW terus berinovasi. Selain mengaplikasi lampu Bi-Xenon, BMW juga mencangkokan teknologi lampu yang mampu mengikuti arah kemudi sehingga dapat menerangi arah jalan yang di tuju secara maksimal.

Teknologi yang diberinama Adaptive Headlight juga diterapkan pada motor merka. Lampu ini hadir untuk mengatasi masalah pada disain lampu yang menyatu pada fairing. Dimana desain lampu ini tak bisa mengikuti arah stang. Saat stang dibelokan ke kiri atau ke kanan, lampu tetap saja mengarah kedepan.

Saat jalan lurus, tentu tak akan menimbulkan terlalu banyak masalah. Namun masalah akan timbul saat menemukan kontur jalan menanjak, menurun dan menikung. Saat memasuki tikungan dan motor mulai menikung dan merebah, pencahayaan pada lampu konvensional tidak akan ikut miring dan itu sangat menunjukan kelemahan dari desain lampu tersebut.

[media id=10 width=500 height=330]

Saat motor merebah untuk berbelok ke kiri atau ke kanan, cahaya yang terbentuk secara horizontal akan mengikuti arah kemiringan. artinya, sinar dibagian kiri atau kanan depan pengendara akan terangkat dan berpotensi menyilaukan kendaraan dari arah berlawanan.

Sementara sinar dibagian arah kemiringan, akan terpotong dan tidak bekerja maksimal.

Dengan teknologi adaptive light, dapat memberikan cahaya mendatar yang mampu menyapu seluruh area di depan tanpa menyilaukan kendaraan lain saat berjalan tegak lurus, sementara saat berbelok, penyebaran sinar akan melawan arah kemiringan sehingga cahaya cenderung tetap mendatar terhadap jalan, bahkan sedikit miring berlawanan arah untuk memperjauh arah  penyinaran ke arah tikungan yang di tuju.

Adalah BMW K1600GT dan K1600GTL yang pertama memanfaatkan teknologi ini. Sistem ini bekerja menyesuaikan kemiringan motor saat menikung. Sehingga pencahayaan dapat menerangi sudut-sudut jalan yang tak bisa dilakukan oleh lampu motor konvensional.

Lampu ini bekerja menyesuaikan dynamic leveling system untuk mengatur pencahayaan.

Sumber : BMW

11 COMMENTS

  1. To begin with carried off the actual playlist attribute it is not necessarily really worth even $3. Anything helpful on the spot can be acquired totally free.