Photo : AHM
0
1188

AHM Tunjuk SMK Negeri 3 Jambi jadi Tempat Uji Kompetensi SMK KTSM Honda

GILAMOTOR.com – PT Astra Honda Motor (AHM) menambah Tempat Uji Kompetensi untuk SMK yang ikut dalam Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda. Kali ini, peresmiannya dilakukan di SMK Negeri 3 Beliung, Kota Baru, Jambi Selasa (5/5/2015).

Masih dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional, AHM terus tergerak untuk bisa berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan pembentukan TUK KTSM Honda sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK di bidang oromotif, khusunya roda dua.

Implementasi KTSM dan TUK KTSM Honda di Jambi ini dilakukan ‎secara konsisten oleh AHM bersama main dealer sepeda motor Honda area Jambi, PT Sinar Sentosa Primatama. Sebagai bagian dari implementasi KTSM Honda, SMK Negeri 3 Jambi yang menjadi TUK KTSM Honda mendapatkan donasi 1 unit sepeda motor Honda cutting dan 1 unit Engine Assy sebagai sarana praktek para siswanya. Sementara 10 SMK lainnya mendapatkan donasi 1 unit sepeda motor Honda.

Peresmian TUK KTSM Honda dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MBA dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Drs. Rahmad Derita, M.Pd.

Dalam kesempatan yang sama, AHM juga melakukan penandatanganan MoU implementasi KTSM Honda bersama 10 SMK di Provinsi Jambi yaitu SMKN 1 Pelepat Ilir, SMK Al Fattah, SMK Muhammadiyah, SMK Nurul Falah, SMKN 7 Muara Jambi, SMKN 2 Sarolangun, SMKN 11 Sarolangun, SMK Miftahul Ulum, SMKN 1 Tungkal Ulu, dan SMKN 10 Muara Jambi.

TUK KTSM Honda pertama kali dibentuk 2014 silam. Kali itu, AHM memulainya di SMK Ma’arif 1 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Bagi SMK yang menerapkan KTSM Honda, TUK berperan penting ‎sebagai tempat uji kompetensi ‎yang menjadi salah satu syarat kelulusan siswa.

Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication AHM mengatakan TUK KTSM Honda menjadi tahap lanjut dari implementasi KTSM Honda yang dikembangkan AHM guna menghasilkan standarisasi kompetensi para siswa SMK. KTSM Honda dikembangkan secara sistematis dan terstruktur, baik dari sisi kurikulum, peningkatan kompetensi para pengajar, hingga standarisasi kompetensi para siswa.

“Secara bertahap dan terstruktur kami akan terus mengembangkan implementasi KTSM Honda ke wilayah lain di Indonesia ‎sehingga kompetensi generasi muda di bidang otomotif dapat semakin berkualitas.”

KTSM Honda dikembangkan AHM bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional sejak tahun 2010. Sampai saat ini, AHM telah berhasil menggandeng 330 SMK untuk turut terlibat dalam program ini.