Dok. Foto: Hondaistimewa.com
0
252

Awas, Mematikan Motor Dengan Standar Samping Ternyata Nggak Baik

Sepeda motor yang banyak digunakan di Indonesia saat ini adalah skuter matic atau skutik. Skutik ini dikenal dengan salah satu fitur side stand keamanannya yakni switch.

Fitur ini membuat mesin motor akan otomatis mati ketika standar samping motor diturunkan. Ketika akan menyalakan kembali mesin, standar motor ini harus dinaikkan kembali.

Dikutip dari Wahana Honda, bagian pangkal standar motor biasanya dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis.

Saat standar samping digunakan, mesin motor tidak akan bisa dinyalakan sehingga potensi kecelakaan karena tuas gas terputar bisa diminimalisir

Bagi pemilik skutik pasti sudah pernah mematikan mesin dengan menurunkan standar samping bukan?

Ternyata kebiasaan ini tak baik untuk motormu lho. Pasalnya mematikan mesin motor dengan menurunkan standar samping motor bisa membuat aki cepat soak.

Pasalnya, mematikan mesin dengan standar samping membuat potensi lupa mematikan mesin menjadi OFF semakin besar.

Pasalnya, ketika mesin sudah mati, pengendara bisa saja lupa kalau mesin belum di-OFF kan. Hal ini akan membuat aki cepat soak.

Bagi pengendara yang suka mematikan mesin dengan standar samping harus benar-benar ingat untuk meng-OFF-kan mesin. Jika lupa, bisa merusak aki.

Untuk itu, lebih baik menghindarinya dengan mematikan mesin dengan kunci saja terlebih dahulu.