Dok. Foto: Honda Global
0
258

Biaya Cek dan Perbaikan Rangka Honda eSAF

Belakangan viral soal kasus keropos hingga patahnya rangka motor Honda yang berjenis eSAF. Honda sendiri sudah memberikan klarifikasinya dan akan mengkaji masalah ini lebih serius.

Menanggapi isu yang bergulir ini, Astra Honda Motor (AHM) juga menyarankan untuk para pemilik motor Honda dengan rangka eSAF bisa memeriksakan motor mereka ke jaringan bengkel Honda atau yang biasa disebut Astra Honda Authorized Service Station atau yang dikenal AHASS.

Di AHASS, konsumen bisa bertanya apakah motor mereka mengalami karat hingga keropos. Namun, yang jadi pertanyaan konsumen adalah apakah pengecekan tersebut gratis atau ditarik biaya?

Ternyata, apabila motor tersebut masih memiliki garansi maka pengecekan tersebut gratis atau tidak dikenai biaya. Tetapi, jika garansinya sudah habis maka dikenakan biaya sekitar Rp10 ribu per unit motor.

Pengecekan ini akan dilakukan secara menyeluruh, terutama pada bagian-bagian motor yang rentan terkena karat seperti bagian dek dan leher motor. Apabila ada kerusakan bukan karena pemakaian sehari-hari dan masih memiliki garansi maka tak akan dikenakan biaya.

Bila ada kerusakan, lebih lanjut yang akan memutuskan langkah selanjutnya adalah pihak AHM karena bengkel tak memiliki kewenangan untuk memutuskan tindakan.

Untuk harga rangka ini sendiri sekitar Rp1 jutaan. Jika ingin dipasang dengan tenaga lebih terjangkau, bisa di bengkel spesialis rangka motor.

Karena proses pengelasan rangka eSAF lebih rumit dari rangka tubular atau pipa besi, harganya memang relatif lebih tinggi. Rata-rata harga pemasangannya sekitar jika eSAF bagian bawahnya (dek) saja Rp750 ribu, jika yang terkena bagian depan dan bawah samping, sekitar Rp1,7 juta.