Dok. Foto: Warung Asep
0
232

Cara Ngerawatnya Beda, Begini Tips Tinggalkan Motor Listrik saat Mudik

Kita sudah memasuki masa mudik sebelum Idul Fitri. Selama mudik, biasanya akan banyak barang yang ditinggalkan di rumah untuk pulang ke kampung halaman.

Salah satu yang bisanya ditinggal adalah sepeda motor. Bagi kalian yang memiliki sepeda motor listrik, tips untuk meninggalkan motor saat mudik perawatannya ada berbeda nih dari motor biasa.

Motor listrik yang menggunakan baterai tentu tak sama perawatannya dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar bensin.

Nah, berikut beberapa tips meninggalkan motor listrik saat mudik:

1. Baterai tak perlu dilepas

Pada motor konvensional, aki disarankan untuk dilepas saat ditinggal mudik. Sementara, pada motor listrik baterai justru tak perlu dilepas saat ditinggal mudik.

Sebelum mudik, disarankan untuk mengisi baterai hingga penuh terlebih dahulu. Pada motor listrik, ada fitur keamanan kendaraan yang fungsinya akan hilang jika baterai dicabut atau kehabisan daya.

Baterai motor listrik relatif awet, meski ditinggal mudik sebulan misalnya, baterai yang akan berkurang hanya 10 persen saja.

2. Pastikan meletakkan motor di tempat aman

Motor baiknya diletakkan di tempat aman, bukan di garasi, disarankan justru di dalam rumah. Selain itu, jangan lupa untuk standar tengah motor.

Pasalnya, jika hanya distandar samping akan rawan membuat ban motor kempes.

3. Servis motor sebelum ditinggal pergi

Ini juga merupakan salah satu langkah perawatan sehingga motor dalam keadaan baik saat ditinggal pergi. Beberapa yang biasanya dicek adalah kondisi baterai, rem, dan control modul hingga dinamo.

Jangan lupa juga untuk mengunci stang motor listrik ketika ditinggal mudik.

Selain beberapa poin di atas, meninggalkan motor listrik saat mudik konsepnya sama dengan benda lainnya. Pastikan keamanannya dan diletakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari.